Play Streaming Now!!
hot news
About Us

our story

SOLOPOS FM berdiri di antara masyarakat Solo dan sekitarnya [selanjutnya disebut Soloraya] yang sangat heterogen, jika dilihat dari keperluan dan kepentingan mereka pada informasi. Setiap kelompok masyarakat, baik berdasarkan strata ekonomi maupun sosial, memiliki kecenderungan memilih media massa tertentu sesuai dengan kebutuhan mereka akan jenis-jenis informasi.

Saat media massa, khususnya radio, yang ada di Soloraya nyaris sama dalam memformat siaran mereka yang lebih menekankan hiburan, SOLOPOS FM memberikan sajian alternatif, dengan format news radio. Lembaga penyiaran di Soloraya saat ini tidak ada yang memilih berita sebagai sajian utama.

Ini tidak terlepas dari pengalaman para pengelola radio pada umumnya yang terlalu lama hanya berkutat pada format-format musik, budaya maupun hiburan pada umumnya. Dengan sangat ‘terpaksa’, karena warisan kebijakan penyiaran era Orde Baru, insan radio Indonesia belum memiliki pengalaman panjang dalam pengelolaan news radio.

Itulah sebabnya kemunculan sebuah news station radio yang didukung SDM dengan pengalaman panjang di media cetak akan memberikan sebuah alternatif sajian radio bagi masyarakat Soloraya. Dengan format siaran yang elegan, dewasa dan akrab, SOLOPOS FM menyasar pendengar menengah-atas, dengan pendidikan menengah-tinggi.

Berpijak kondisi itu, SOLOPOS FM menyusun komposisi program dengan berita 30%, perbincangan 30%, musik dan hiburan 30%, serta feature 10%. Memantapkan diri dengan lagu-lagu easy listening ; lagu Indonesia 60%, Barat 40%, SOLOPOS FM ditargetkan untuk pendengar berusia 27 tahun hingga 45 tahun [main] dan 21-50 tahun [spread].

Dengan latar belakang ini, SOLOPOS FM bertekad menjadi penyaji informasi utama, terpercaya, dengan pengelolaan usaha yang profesional. Hal itu didorong dengan misi SOLOPOS FM yang berkehendak membentuk SDM yang kompeten dan bermoral, selalu menyajikan informasi yang berimbang, akurat dan unggul, serta menyejahterakan stakeholder, termasuk karyawan yang bekerja di dalamnya.

Perkembangan teknologi terkini juga menuntut SOLOPOS FM mengembangkan layanan melalui situs www.soloposfm.com. Situs yang dibangun berupaya memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat, tidak saja untuk pendengar di Soloraya melainkan juga mereka yang tengah berada di tanah seberang. Karena itulah, layanan melalui situs kami hadir melalui radio streaming,news portal, dan radio on demand. Ini semua dilakukan untuk Anda pendengar/pengakses setia kami.

DATA MEDIA
NAMA : PT. RADIO SOLO AUDIO UTAMA
FREKUENSI : 103 FM
CALL STATION : SOLOPOS FM
PANGGILAN PENDENGAR : PENDENGAR SOLOPOS FM
POSITIONING : JENDELA INFORMASI TERKINI
ALAMAT :
GRIYA SOLOPOS
JL. ADISUCIPTO 190 SOLO
TELEPHONE : 0271 – 739 321
FAXIMILE : 0271 – 739 345

DATA SIARAN
FORMAT SIARAN:
Informasi dan Perbincangan 60%, musik 35%, Feature 5 %.
FORMAT LAGU:
Lagu baru : 20%
Lagu tahun 2000-an: 25%
Lagu tahun 90-an : 25%
Lagu tahun 80-an : 20%
Lagu di bawah tahun 80-an : 10%
TARGET PENDENGAR:
USIA : 27-45 th (Main) / 25-50 th(Spread)

DATA TEKNIS
DAYA PANCAR : MAKSIMAL ( EX KARESIDENAN SURAKARTA )
SISTEM PANCARAN : LINK TRANSMISSION 1500 m dpal
SISTEM ANTENA : FM DIRECTIVE ANTENNAS ( SIRA FMC 5KW MAX )
PESAWAT PEMANCAR : R.V.R ENCODER / DECODER
R.V.R. UHF TX/RX
R.V.R. FM STEREO 3000 watt
PERALATAN AUDIO : TASCAM, ORBAN, ELLA
PERALATAN PRODUKSI : TASCAM, MACKIE, BEHRINGER, HYBRID
DAERAH JANGKAUAN : SOLO RAYA (MELIPUTI 7 DAERAH TINGKAT II)
POPULASI PENDUDUK : 6.700.000 JIWA

Frequenty Asked Questions