Play Streaming Now!!
hot news

Saat Banjir, Ini yang Harus Anda Dilakukan

Posted : Rabu, 7 Februari 2018 18:59 /     /   no komentar

SoloposFM – Ketika memasuki musim hujan salah satu bencana yang akan terjadi adalah banjir. Hampir setiap daerah akan mengalami bencana ini. Tidak bisa dipungkiri, banjir seakan sudah akrab dengan kita ketika musim hujan. walau demikian kita harus bisa meminimalisir dampak dan risiko dari bencana ini. Sebab bagaimanapun bencana ini bisa menimbulkan kerugian. Kerugian materi seperti, terganggunya aktifitas masyarakat, merusak harta benda hingga menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan.

Simak beberapa hal yang harus kita lakukan saat terjadi banjir, dihimpun soloposfm.com dari berbagai sumber:

  1. Ketika banjir menerjang, kita harus langsung mematikan aliran listrik atau hubungi PLN untuk mematikan aliran listrik di wilayah yang terkena bencana. Hal tersebut untuk menghindari konslet listrik yang bisa menimbulkan kebakaran.
  2. Mencari tempat yang aman, kita bisa mengungsi ke rumah tetangga atau sanak saudara yang aman dari banjir.
  3. Hindari berjalan di dekat saluran air untuk menghindari terseret arus banjir.
  4. Amankan barang-barang berharga ketempat yang lebih tinggi.
  5. Jika air semakin tinggi, hubungi instansi terkait untuk mendapatkan bantuan.
  6. Sebaiknya kita segera mungkin menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman, misalnya berlari ke tempat yang lebih tinggi atau naik ke lantai atas yang tidak terkena air banjir (jika rumah bertingkat).
  7. Sebaiknya kita menghindari kawasan banjir ketika melakukan pengungsian karena arus banjir yang deras mampu menghanyutkan kita.
  8. Sembari menyelamatkan diri, kita juga harus mengajak anggota keluarga, kerabat, dan tetangga disekitar kita untuk segera menyelamatkan diri.
  9. Sesegara mungkin menyelamatkan barang-barang berharga sehingga tidak rusak atau hilang terbawa arus banjir, seperti perhiasan dan surat-surat penting.
  10. Selalu memantau kondisi ketinggian air setiap saat sehingga dapat dipakai sebagai dasar pedoman untuk melakukan tindakan selanjutnya.
  11. Sebaiknya kita tidak berjalan-jalan, melihat-lihat, berenang-renang di kawasan banjir, baik dengan rakit maupun berjalan kaki.
  12. Ketika terjadi banjir jangan sekali-kali kita menyentuh kabel-kebel listrik yang putus atau menyentuh tiang listrik.
  13. Kita sebagai orang tua, sebaiknya awasilah anak-anak atau balita kita, jangan biarkan mereka bermain-main disaluran air, sungai atau kawasan banjir dan arus deras lainnya.
  14. Janganlah kita meminum atau memasak dengan menggunakan air banjir. Karena air banjir sudah tercemar dengan berbagai kotoran yang sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh.
  15. Jangan memanfaatkan banjir ini untuk mencari ikan dengan pergi memancing. Kerana jika seandainya arus air itu deras, air itu bisa menyeret kita.

[Meissy Intan Permatasari]