Play Streaming Now!!
hot news

Sedang Musim Diskon, Coba Ikuti Tips Belanja Online Ini

Posted : Kamis, 1 Februari 2018 21:23 /     /   no komentar

SoloposFM – Tidak mau kalah dengan toko offline yang menggelar diskon besar, toko online di Indonesia juga memiliki strategi tersendiri untuk memanjakan konsumen.

Kadang-kadang Anda bisa mendapatkan barang yang Anda incar dengan lebih murah melalui online shopping. Sebab online shop bisa memberikan promo seperti gratis ongkos kirim. Anda juga tidak perlu berdesakan dengan pembeli lain, tinggal duduk manis di depan laptop atau smartphone.

Nah, bagi Anda yang suka berbelanja secara online, jangan sampai kalap membelanjakan uang Anda. Bisa-bisa, tagihan kartu kredit Anda bisa jebol. Apa saja yang perlu dilakukan?

Berikut tips cermat belanja diskon di toko online, dihimpun soloposfm.com dari beberapa sumber:

 

  1. Perbanyak browsing

    Ingat, ada banyak penjual online baik asing ataupun lokal yang menawarkan aneka barang dan diskon. Jika bingung ingin membeli apa, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu dengan menelusuri kategori produk yang diinginkan.

    Pada fase ini carilah toko online yang tepat. Biasanya toko online yang aman memiliki customer care yang bisa dihubungi kapan saja. Baca dulu aneka persyaratannya agar Anda tidak merasa ditipu. Serta, periksa sertifikasi keamanan pembayarannya.

  2. Tentukan produk

    Tentukan produk yang diinginkan lalu cari perbandingan diskon, harga serta biaya kirim (jika ada). Dalam satu toko online, bisa jadi ada ribuan item produk yang Anda cari dengan berbagai harga. Ingat, teliti sebelum membeli daripada Anda rugi.

  3. Buat akun pembelanjaan

    Tujuannya, agar mudah memasuki toko online yang dituju, terutama untuk kepentingan order dan proses pengiriman. Data ini termasuk alamat email, alamat lengkap untuk pengiriman, nomor ponsel yang dapat dihubungi hingga data kartu kredit jika berencana belanja dengan fasilitas kartu kredit.

  4. Pakai wishlist

    Taruh aneka barang yang diincar ke wishlist. Dengan demikian, Anda bisa hemat waktu pencarian barang. Terkadang jika Anda menunda membeli barang di wishlist, toko online tersebut akan memberi diskon khusus untuk isi wishlist Anda, truestory!

  5. Gunakan kartu diskon

    Penggunaan kartu diskon juga bisa berguna, tetapi biasanya kartu diskon diberikan jika Anda sudah membelanjakan dulu sejumlah tertentu. Selain itu, manfaatkan juga kerja sama diskon antara merchant dengan pengelola sistem pembayaran khusus yang banyak berkembang. Misal, sistem pembayaran melalui handphone yang dikembangkan pihak tertentu, seperti operator ataupun bank.
  6. Ulasan

    Jika berbelanja melalui e-commerce, sempatkan melihat ulasan (review) dan rating dari toko tempat belanja. Konsumen yang pernah berbelanja di toko tersebut memberikan umpan balik pengalaman berbelanja mereka, baik dari segi produk maupun kualitas pelayanan. Jika ulasan bagus, transaksi di toko tersebut cenderung akan aman.
  7. Memanfaatkan Aplikasi Perbandingan Harga

    Ragu-ragu saat membeli barang di suatu supermarket atau marketplace langganan, apakah harga barang terlalu mahal dibandingkan berbelanja di tempat lain? Jangan khawatir. Kini, sudah banyak bertebaran aplikasi-aplikasi perbandingan harga di Indonesia. Dengan menggunakan salah satu atau beberapa aplikasi ini, Anda bisa mengecek harga yang dianggap terjangkau atau sesuai budget Anda. Berikut ada tujuh aplikasi perbandingan Anda. PriceArea, Telunjuk, PricePanda, Priceza, PricePrice, IndoKatalog, Pricebook.

 [Meissy Intan Permatasari]