Play Streaming Now!!
hot news

Ikuti Cara Ini atau Anda Bisa Gelap Mata saat Banjir Diskon di Mall

Posted : Kamis, 1 Februari 2018 21:07 /     /   no komentar

SoloposFM – UKM Great Sale bakal kembali digelar saat pelaksanaan Solo Great Sale (SGS) 2018. Hal ini diharapkan dapat membantu usaha kecil menengah (UKM) mengenalkan produknya sekaligus menikmati manfaat pelaksanaan pesta diskon tahunan ini.

Pameran ini merupakan pameran multiproduk sehingga berbagai produk kuliner, fashion, dan kerajinan akan ditampilkan selama pameran. Namun pembelian untuk mendapat poin di tempat peserta tidak hanya saat pameran, setelah pameran pun tetap masih berlaku karena UKM tersebut telah terdaftar sebagai peserta.

Nah, bagi Anda yang gemar berburu produk barang dan jasa secara online atau offline memang mengasyikkan. Tapi awas, keasyikan memburu barang diskon bisa membuat Anda kalap dan berbelanja over budget. Sebaiknya, Anda tetap cermat agar kantong Anda aman. Berikut tips cermat belanja saat banjir diskon dihimpun soloposfm.com dari beberapa sumber:

Jelang akhir tahun, biasanya mal-mal di kota-kota besar di Indonesia menawarkan aneka diskon fenomenal untuk mendongkrak penjualannya. Mulai dari ajang cuci gudang sampai obral besar. Tidak jarang jika masyarakat tergoda menggunakan ajang ini untuk berburu barang berkualitas dengan harga miring. Nah, bagi Anda penggila belanja, sebaiknya ikuti tips di bawah ini:

  1. Bayarlah dengan uang tunai 

    Membayar dengan cara ini lebih baik ketimbang membayar dengan kartu kredit. Anda bisa mengetahui anggaran yang ada di dompet sehingga dapat menahan nafsu Anda untuk terus berbelanja. Tapi jika Anda harus membayar dengan kartu kredit, sebaiknya cari mall atau toko yang memberikan tambahan diskon karena bekerja sama dengan bank tertentu. Dengan demikian, Anda masih bisa berbelanja hemat walaupun menggunakan kartu kredit.

  2. Prioritaskan kebutuhan 

    Sebaiknya buat daftar kebutuhan yang paling mendesak untuk dibeli, daripada Anda menghabiskan uang untuk pernik barang yang belum tentu berguna

  3. Pilih barang dengan hati-hati 

    Saat memberikan diskon, banyak penjual bermain curang dengan mencampur barang dalam kondisi baik dengan yang sudah rusak.  Kerusakannya mungkin sangat kecil sehingga tidak bisa langsung terdeteksi mata, misalnya sobek kecil pada pakaian.Pedagang biasanya memanfaatkan momen diskon untuk `membersihkan` barang-barang yang rusak dari tokonya. Jadi hati-hatilah dalam memilah barang, karena sebagian besar toko memiliki aturan bahwa barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan.

  4. Jangan beli aneka kebutuhan dalam satu waktu Jika niat Anda ke mall hanya untuk berbelanja sepatu baru, maka patuhilah hal tersebut. Jangan mencampurnya dengan berbelanja bulanan, misalnya. Terlalu banyak kebutuhan yang harus dibeli dalam satu waktu akan mengacaukan fokus belanja Anda dan malah akan berakibat Anda membeli barang yang tidak diperlukan.
  5. Ingat tagihan dan angsuran 

    Kendalikan nafsu belanja dengan mengingat aneka tagihan bulanan yang harus dibayar, misal pembayaran aneka angsuran kredit, pembayaran premi asuransi, biaya anak sekolah dan sebagainya.

  6. Belanja dengan partner yang tepat

    Hindari berbelanja sendiri, karena Anda akan lebih rentan terhadap sebuan diskon. Partner belanja dapat berfungsi sebagai pengingat, terutama ketika Anda belanja berlebihan. Namun pastikan Anda membawa partner yang tepat, yakni yang dapat mengendalikan nafsu belanja Anda.

  7. Jangan Terkecoh Dengan Diskon 

    Barang favorit sedang diskon? Senang sekali rasanya kalau hal ini terjadi. Apalagi kalau diskon yang diberikan 70% + 10%, menggiurkan, bukan? Namun, Anda sering menyalahartikan maksud diskon tersebut.
    Banyak dari kita yang beranggapan bahwa diskon 70% + 10% = 80%. Jadi kita mendapat potongan harga 80% dari harga normal. Salah besar! Maksud dari diskon tersebut adalah 70% dikali harga normal, sisanya baru akan dikalikan dengan 10%. Jadi, harganya tidak serupa saat langsung menggabungkan diskonnya menjadi 80%.Misalnya harga sebuah tas Rp2,000,000. Diskon 70% x Rp2,000,000 = Rp1,400,000. Setelah itu, dikurangi diskon 10 % menjadi 10% x Rp600,000 = Rp60,000. Jadi total harga yang dibayarkan adalah Rp2,000,000 – Rp1,400,000 – Rp60,000 = Rp540,000.

    [Meissy Intan Permatasari]