Play Streaming Now!!
hot news

Tempat Wisata Di Karanganyar yang Nge-Hits dan Wajib Dikunjungi

Posted : Jumat, 19 Januari 2018 20:11 /     /   no komentar

SoloposFm  – Tempat Wisata di Karanganyar Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang memiliki segudang tempat atau obyek wisata yang terdapat di setiap daerah dan banyak menarik perhatian para wisatawan baik itu wisatawan asing ataupun wisatwan dalam nergeri. Jawa Tengah terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota, hampir disetiap kabupaten memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi pada saat liburan tiba. Salah satu kabupaten yang memiliki tempat wisata menarik untuk dikunjungi yaitu kabupaten Karanganyar. Berikut ini 5 tempat wisata di karanganyar dihimpun oleh soloposfm.com dari sumber http://tempatwisataindonesia.id/tempat-wisata-di-karanganyar/ dan untuk gambarnya dari berbagai sumber.

  1. Grojokan Sewu

    by instagram @ariswant

Obyek wisata Karanganyar grojokan sewu terletak tepat di bawah lereng kaki gunung Lawu yang lokasinya berada di kalisoro, tawangmangu, Karanganyar. Akses untuk menuju lokasi wisata ini cukup mudah yaitu hanya perlu menyusuri anak tangga yang jika dihitung sebanyak kurang lebih 1250 buah anak tangga yang sudah dibuat khusus untuk memudahkan pejalan kaki. Sembari menyusuri anak tangga, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam hutan yang sangat asri. Keadaan serta kondisi alam yang ada di daerah grojokan sewu ini masih dalam kawasan cagar budaya sehingga tanaman nya tumbuh liar selayaknya berada di hutan dengan pohon tinggi menjulang, semak belukar, tanaman hias yang cukup langka, serta satwa yang masih hidup secara liar. Satwa yang hidup secara liar di hutan cagar budaya tersebut yang banyak dijumpai yaitu kera. Banyak kera liar yang sering kali menyerobot tas wisatawan sehingga untuk mengunjungi lokasi wisata ini disarankan harus hati-hati dan jaga barang bawaan dengan baik. Tentunya keindahan alam air terjun dari mata air pegunungan asli ini akan menyegarkan hati dan pikiran ditemani kesejukan alam yang sangat memukau.

  1. Candi Cetho

    by instagram @pengeja.rindu

Candi ini menjadi salah satu obyek wisata di Karanganyar yang menarik minat para wisatawan untuk pergi bertamasya ke lokasi ini. Candi cetho berlokasi di dusun cetho tepatnya di desa Gumeng, kecamatan jenawi, kabupaten Karanganyar. Candi Cetho sendiri merupakan sebuah candi peninggalan dari agama hindu pada saat masa kejayaan kerajaan majapahit. Tentunya di lokasi candi ini memiliki keunikan serta keunggulan tersendiri di banding dengan candi-candi lainnya. masih di lokasi yang sama, terdapat pula petilasan Ki Ageng Krinciwesi yang menjadi sebuah ikon dari leluhur desa cetho ini.

  1. Candi Sukuh

    ksmtour.com

Candi sukuh menjadi salah satu wisata kabupaten Karanganyar yang wajib untuk dikunjungi. Kemegahan bangunan candi yang sudah dibangun dari jaman dahulu kala serta alam sekitar sangat cocok untuk dinikmati keindahannya. Lokasi dari candi ini yaitu berada di daerah Berjo, kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar. Struktur dari bangunan candi ini cukup berbeda dari candi lain yang ada di Indonesia, bangunan candi lebih condong seperti bangunan suku maya yang ada di luar negeri. Selain itu, bangunan patung yang ada bernuansa erotis yang memiliki artian sebuah kesuburan pada masanya. Ini lah yang menjadikan candi sukuh mengundang wisatawan yang penasaran.

  1. Perkebunan Teh Kemuning


    https://www.youtube.com/watch?v=Ckpy8K6qu_s

Wisata Karanganyar yang satu ini juga tak kalah menarik dengan wisata-wisata lainnya. Yap, wisata perkebunan teh ini menarik dikunjungi karena hamparan pohon teh yang tertata rapih dengan suasana alam yang menyegarkan. Wisata alam ini sangat cocok untuk mendinginkan pikiran dari segala macam hiruk pikuk rutinitas yang menjemukan setiap harinya. Perkebunan teh ini juga menjadi tempat untuk merasakan ekstrem sport seperti paralayang yang berada di sebuah bukit dekat kebun teh yang berlokasi di venues bukit paralayang desa Segoro, kemuning, Karanganyar. Lokasi perkebunan teh ini berdekatan dengan beberapa kompleks obyek wisata Karanganyar yaitu dekat dengan daerah candi dan air terjun. Sehingga menjadikan rute perjalanan yang pas untuk mampir merasakan keindahan alam dari ketinggian.

  1. Air Terjun Jumog

    by instagram @pengeja.rindu

Tempat wisata Karanganyar yang satu ini termasuk tempat wisata yang baru dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Dulunya sebelum dikelola dan diberi fasilitas dengan baik, tak banyak yang tahu lokasi air terjun tersebut. namun setelah air terjun ini di kelola dengan baik dan diberi fasilitas yang memadai, menjadikan kompleks air terjun nyaman, bersih dan meyanangkan untuk dikunjungi terutama untuk bermain air. Akses untuk menuju air terjun tak terlalu jauh, hanya perlu menuruni anak tangga yang tidak terlalu banyak serta melewati jembatan dengan waktu yang tak lama. Suasana kesejukan lereng gunung Lawu sangat terasa dan membuat hati menjadi tenang sambil menikmati kesegaran alam yang disuguhkan.[Meissy Intan Permatasari]