Play Streaming Now!!
hot news

10 Makanan Pokok Pengganti Nasi

Posted : Rabu, 17 Januari 2018 22:04 /     /   no komentar

SoloposFM – Mungkinkah ada makanan pengganti dari nasi? Nasi putih adalah salah satu jenis makanan pokok yang populer di beberapa negara. Asia adalah salah satu benua yang paling banyak memakan nasi sebagai makanan pemasok karbohidrat. Begitu pula dengan masyarakat Indonesia, hampir semua daerah yang terbentang dari Sabang hingga Merauke ini mengenal baik olahan beras ini sebagai sumber tenaga mereka. Berikut ini adalah beberapa mekanan pokok pengganti nasi yang dihimpun soloposfm.com dari berbagai sumber.

 

  1. Sagu

Masyarakat di kedua wilayah ini mengkonsumsi sagu sebagai makanan pokok karena kedua wilayah ini memang kaya dengan tanaman sagu.

  1. Beras Singkong

Singkong tumbuh subur di Desa Cireundeu. Sehingga masyarakat di daerah ini menjadikan singkong sebagai makanan pokok mereka. Mereka mengolah singkong menjadi tepung beras atau beras singkong.

  1. Nasi Jagung

Nasi jagung atau sakelan sebagai makanan pokok mereka, seperti halnya nasi beras pada masyarakat lain. Jika ada istilah belum makan jika belum makan nasi, begitu halnya warga Sigedong, mereka belum merasa makan jika belum menyantap nasi jagung. Bahkan menurut mereka, nasi jagung lebih memberi tenaga dibanding nasi beras, selain itu lebih tahan lama.

  1. Gembili

Suku Kanum di Merauke yang mendiami Taman Nasional Wasur mengonsumsi gembili sebagai makanan pokok secara turun temurun. Sistem budi daya gembili sudah menyatu dengan kehidupan masyarakat suku Kanum karena mempunyai nilai budaya yang tinggi, yaitu sebagai mas kawin serta pelengkap pada upacara adat. Bahkan tanpa gembili, konon suku Kanum tidak dapat melaksanakan pernikahan. Sehingga, budi daya gembili bagi suku Kanum menjadi suatu keharusan.

  1. Jamawut

Jamawut adalah sejenis tanaman serelia. Di biak numfor tanaman ini sangat subur, dengan nama lokal pokem. Bagi masyarakat Biak Numfor, jamawut dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok dan komoditas adat sejak berabad-abad lalu.

  1. Ubi Jalar

Penduduk suku Dani mengkonsumsi ubi jalar sebagai makanan pokok. Mereka menyebut ubi jalar dengan hipere.

7 . Pisang

Jika kita mengkonsumsi pisang sebagai buah, lain halnya di Afrika. Di sana pisang justru menjadi makanan pokok. Bahkan di Afrika pisang diolah menjadi tepung.

  1. Jagung

Meksiko kaya hasil panen jagung. Bahkan negara ini memiliki sekitar 209 varietas jagung. Sehingga jagung menjadi makanan pokok negara ini. Sekitar 3,2 juta petani Meksiko menanam jagung dan sebagian besar menggunakannya  untuk konsumsi keluarga. Jenis jagung putih adalah yang paling banyak dikonsumsi manusia.

  1. Isy

Makanan pokok Negara Mesir adalah Isy, yakni semacam roti yang terbuat dari gandum dengan tekstur lebih padat dan serat yang sangat terasa.

  1. Lobak Putih

Pada saat Perang Dunia ke-2, sulit bagi masyarakat jepang di beberapa wilayah untuk mendapatkan beras. Akhirnya mereka mengonsumsi lobak sebagai pendamping lauk-pauk.

  1. Kentang (Solanum tuberosum)

Kentang merupakan bahan makanan alternatif selanjutnya untuk pengganti beras, walau kentang ini mempunyai jumlah karbohidarat yang lebih rendah daripada nasi yakni hanya 17 gram, namun kentang bisa membuat perut kita cukup terisi dengan penuh.

  1. Gandum (Triticum)

Gandum mungkin sebagian orang masih terasa asing, namun tanaman gandum bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti beras, karena karbohidrat yang terkandung didalam gandum cukup tinggi yakni 71 gram setiap 100gram gandum

  1. Oats (Avena sativa)

Sama halnya dengan gandum, Oats juga masih terasa asing, oats sendiri sejenis biji-bijian, selain bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat harian oats juga dipercaya dapat mencegah penyakit antung dan diabetes, kandungan karbohidrat oats sekitar 66 gram setiap 100gram.

  1. Singkong (Manihot esculenta)

Selanjutnya bahan makanan alternatif pengganti nasi atau beras adalah Singkong, singkon sejak dahulu tepatnya zaman penjajahan merupakan makanan pokok pribumi sehingga singkong sudah sangat dikenal dikalangan masyarakat, jumlah karbohidratnyapun lebih tinggi dari nasi ykni sekitar 38 gram/100gram singkong.

  1. Talas

Talas pada dasarnya memiliki kandungan kadar glikemik yang rendah, hanya sekitar 54 saja. Hal ini membuat talas cocok sebagai makanan pengganti nasi, terutama bagi anda yang sedang menjalankan diet ketat untuk menurunkan berat badan. Talas juga mengandung kandungan nutrisi seimbang dan lengkap. Hal ini membuat talas sangat disarankan untuk dikonsumsi.

Perlu diperhatikan bahwa konsumsi talas pada saat diet hanya boleh dengan olahan rebus atau kukus. Jangan mengonsumsi talas yang di goreng atau yang dijadikan keripik! Talas juga baik dikonsumsi untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung, hipertensi, dan tekanan darah tinggi.

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki kandungan gizi sangat tinggi dan cukup lengkap seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, asam folat, karbohidrat, serat, protein, asam lemak omega 3 dan juga omega 6. Makanan ini juga terbukti memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Anda bisa mengkonsumsi makanan ini sebagai salah satu alternatif makanan pengganti dari nasi. Kacang hijau juga sangat menyehatkan badan anda karena dalam makanan ini mengandung kalori yang rendah.

Jadi itulah beberapa jenis makanan pengganti nasi yang bisa anda coba saat anda melakukan program diet. Dengan mengkonsumsi makan-makanan tersebut, anda tidak akan kekurangan gizi yang terkandung dalam nasi walaupun tidak mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat!![Meissy Intan Permatasari]