Play Streaming Now!!
hot news

Mengenang Dolores dan The Cranberries

Posted : Selasa, 16 Januari 2018 15:24 /     /   no komentar

SoloposFM–Kabar duka menyelimuti dunia musik internasional. Dolores O’Riordan yang melejitkan nama The Cranberries di panggung musik dunia, diberitakan telah meninggal dunia di sebuah kamar hotel di London, Inggris, Selasa (16/1/2018) pukul 09.05 waktu setempat.

Bagi penikmat musik di era pertengahan 90-an, tentu sudah tidak asing lagi dengan karakter suara khas Dolores saat membawakan lagu-lagu hits band asal Irlandia ini, seperti Zombie, Animal Insting, Ode to My Family, Salvation, Linger, Just My Imagination, dan sebagainya.

Dilansir dari berbagai sumber, The Cranberries awalnya adalah band Irlandia yang didirikan pada tahun 1989 dengan nama Cranberry Saw Us.  Pada saat itu, dua orang bersaudara Mike (Bass) dan Noel Hogan (Gitar) membentuk grup band The Cranberry Saw Us dengan drummer Fergal Lawler dan penyanyi Naill Quinn, di sebuah kota kecil di Irlandia, Limerick.

Beberapa tahun kemudian sang vokalis Quinn memutuskan keluar dari grup dan manajemen The Cranberries ingin memakai vokalis perempuan. Dolores O’Riordan tertarik dengan iklan yang dipasang di media dan mengikuti audisi menulis lirik dan melodi lagu. Pada saat rekaman lagu Linger untuk album Everybody Else Is Doing It, So Why Can’t We? Dolores resmi direkrut.

Formasi band ini kemudian terdiri dari Dolores O’Riordan (Vokal), Noel Hogan (Gitar), Mike Hogan (Bassis), dan Fergal Lawler (Drummer). The Cranberries mulai terkenal pada tahun 1990-an. Setelah mengeluarkan single pertama yang bertajuk Dreams pada September 1992, The Cranberries mengajukan usulan ke manajemen untuk mengeluarkan album pertama, Everybody Else is Doing It, So Why Can’t We?, pada bulan Maret 1993. Album perdana mereka itu laris manis di pasaran dengan terjual 5 juta kopi di Amerika Serikat. Kesuksesan band ini terus berlanjut dan bertahan hingga dua dekade lebih.

[Damar Sri Prakoso]