Play Streaming Now!!
hot news

5 Gedung yang Pernah Roboh Di Indonesia

Posted : Senin, 15 Januari 2018 22:38 /     /   no komentar

SoloposFM – Selasar atap Tower II Bursa Efek Indonesia (BEI), Senayan, Jakarta, roboh. Puing menimpa sejumlah orang yang berada di bawahnya.Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.10 WIB, Senin (15/1/2018). Selain gedung BEI, berikut ini adalah beberapa bangunan yang roboh di Indonesia, yang telah dihimpun soloposfm.com dari ebrbagai sumber.

1. Gedung Roboh di Bintaro Terindikasi Gagal Struktur

Robohnya salah satu bagian dari gedung kembar Menara PermataBank di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan (Tangsel), pada Kamis (2/6/2016) siang diindikasikan akibat kegagalan struktur.
Menurut Ketua Badan Informasi dan Hubungan Masyarakat Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Zakie Muttaqien yang menghimpun keterangan dari Kepala Bidang Bangunan Dinas Tata Kota Bangunan dan Pemukiman (DTKBP) Kota Tangsel Muqoddas Syuhada, gedung tersebut sudah “salah” sejak awal dibangun pada 1995 silam.

2. Bangunan SMPN 32 Pekojan

Gedung SMPN 32 di Jalan Pejagalan Raya, Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, Kamis (21/12/207) siang roboh.
Kasiop Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Rompis Romlih mengatakan, pihaknya mendapat laporan gedung tersebut roboh pada pukul 13.10 WIB.
Rompis menyampaikan, kejadian itu mengakibatkan tiga guru terluka. Dua di antaranya terkena serpihan reruntuhan bangunan, sedangkan satu guru lain tertimpa reruntuhan dan terjepit.

3. Gedung Sekolah di Bogor Ambruk

Sebuah bangunan di Sekolah Dasar Neger¬i (SDN) 02 Ciluar, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, ambruk, kemarin (Senin, 20/11). Kejadian itu hanya berselang satu pekan dari ambruknya SDN 01 Cipinang, Kecamatan Rumpin, daerah bagian barat Kabupaten Bogor.
Beruntung bangunan yang ambruk itu tidak menelan korban luka atau meninggal. Padahal, bangunan itu biasanya digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar oleh kelas 3.

4. Bangunan Tua Roboh di Tegal

Jumlah korban meninggal dunia akibat bangunan tua roboh di Kabupaten Tegal bertambah. Hingga saat ini ada 4 orang meninggal, akibat tertimbun bangunan tua yang roboh saat terjadi hujan deras, Kamis (9/11/2017) sore. Ambruknya bangunan ini terjadi pada Kamis sore saat hujan turun dengan derasnya. Para korban saat itu sedang berteduh di tempat tersebut. Tidak beberapa lama, tiba-tiba bangunan tua ini runtuh. Mereka pun tertimpa bangunan yang sudah rapuh. Puluhan orang yang berteduh di tempat berhasil menyelamatkan diri. Sementara itu sejumlah sepeda motor juga rusak tertimpa tembok.

5. Bangunan tribun selatan Stadion Barombong roboh

Bangunan Tribun lantai tiga bagian selatan Stadion Barombong roboh saat proses pengecoran pembuatan tempat duduk di Stadion setempat, Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun terdapat kerugian material saat kejadian itu terjadi, bahkan membuat para pekerja menghentikan pengerjaannya bangunan sementara waktu.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan Sri Endang Sukarsi saat dikonfirmasi awal, mengatakan pihaknya tidak mengetahui peristiwa tersebut.[Meissy Intan Permatasari]