Play Streaming Now!!
hot news

Ini Solusi Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas

Posted : Senin, 8 Januari 2018 15:21 /     /   no komentar

SoloposFM  –  Bertemunya jalan raya di pertigaan atau perempatan sering menimbulkan kemacetan arus lalu-lintas. Kemacetan sering terjadi karena pengemudi kendaraan tidak sabar dan tidak mau antri.  Berikut adalah cara mengatasi kemacetan lalu lintas yang dihimpun oleh solopofm.com dari berbagai sumber.

 

Lampu Pengatur Lalu Lintas

Pergerakan kendaraan di persimpangan sering menimbulkan tabrakan atau pun kemacetan, kalau masing-masing tidak mau mengalah. Untuk mengatasinya, di persimpangan dipasang lampu pengatur lalu-lintas.

Lampu pengatur lalu-lintas terdiri tiga lampu dan warna. Apabila lampu warna merah menyala, kendaraan wajib berhenti. Apabila lampu warna kuning menyala, kendaraan siap-siap berjalan. Apabila lampu hijau menyala, kendaraan boleh jalan.

Berjalan bergantian sesuai dengan waktu yang ditentukan atau time sharing merupakan prinsip dari lampu pengatur lalu-lintas. Setiap pengendara, wajib mematuhi rambu lampu pengatur lalu-lintas. Apabila pengendara nekat menerobos dan tidak tertib, maka akan terjadi kemacetan bahkan tabrakan.

 Jalan Layang

Apabila lampu pengatur lalu-lintas masih menimbulkan kemacetan yang panjang akibat jumlah kendaraan yang hendak melintas cukup banyak, maka perlu dibangun jalan layang.

Jalan Searah dan Sistem Buka Tutup

Sistem jalan searah sangat efektif untuk mengatasi kemacetan, asal badan jalan tidak digunakan untuk parkir. Apabila arus kendaraan tidak padat, sistem jalan searah bisa diubah lagi menjadi sistem dua arah dengan memberlakukan sistem buka tutup. Sistem buka tutup artinya, pada jam-jam tertentu berlaku jalan dua arah, tetapi pada jam-jam tertentu bisa ditutup menjadi satu arah.

Lingkaran  di Tengah Persimpangan

Apabila persimpangan jalan memiliki ruang yang cukup luas dan arus kendaraan tidak begitu padat, maka sistem membangun lingkaran berbentuk tugu/taman di tengah persimpangan bisa mengatasi kemacetan. Dengan sistem lingkaran di tengah persimpangan, semua kendaraann yang hendak belok ke kanan harus melingkari taman atau tugu.  Namun, kalau arus kendaraan sudah sangat padat, maka sistem lingkaran di tengah persimpangan bisa dikombinasi dengan memasang lampu pengatur lalu-lintas.

Simpang Susun

Sistem jalan simpang susun ini menggabungkan jalan layang dan jalan searah dengan sistem percabangan yang rumit. Agar pengemudi tidak salah arah, setiap percabangan dipasang rambu-rambu penunjuk arah.

Salah satu contoh jalan raya simpang susun adalah Jembatan Semanggi Jakarta. Dengan sistem jalan satu arah, arus lalu-lintas diatur sedemikian rupa, sehingga kendaraan bisa menuju ke arah mana pun tanpa harus melewati persimpangan.

 

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kemacetan lalu lintas yang semakin lama semakin banyak orang memiliki kendaraan yang mengakibatkan jalan akan ramai lalu lalang kendaraan bermotor bahkan membuan kemacetan yang tak bisa dihindari.[Meissy Intan Permatasari]