Play Streaming Now!!
hot news

Fakta Durian Yang Perlu Kamu Tahu!

Posted : Senin, 8 Januari 2018 15:25 /     /   no komentar

SoloposFM  –  Buah durian adalah buah tropis yang memiliki julukan raja buah ini biasanya menjadi favorit jika musim panennya tiba. Beberapa orang mungkin tidak menyukai durian karena baunya yang sangat kuat, tapi sebagian orang yang lain justru menantikan kehadiran buah ini pada setiap musimnya. Berikut adalah fakta-fakta tentang durian yang telah dihimpun oleh soloposfm.com dari berbagai sumber.

 

 Durian dapat menyebabkan penambahan berat badan

Rata-rata durian dengan berat yang mendekati 1 kg akan memberikan sekitar 1.350 kalori. Makan satu buah durian sudah mencukupi sekitar 68% dari kebutuhan kalori yang disarankan untuk orang dewasa rata-rata yaitu 2.000 kalori.  Satu biji durian saja, yang memiliki berat sekitar 40 g, memiliki sekitar 54 kalori. Jadi bagi orang yang sedang diet menurunkan berat badan, maka durian bisa menggagalkan tujuan Anda.

Durian kaya akan nutrisi

Durian adalah sumber yang secara alami kaya akan kalium, serat, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Dengan demikian raja buah-buahan ini sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan menjaga tekanan darah, mencegah kesulitan BAB, dan menyehatkan kulit. Hal ini juga mendukung sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh yang baik, dan meningkatkan pembentukan sel darah merah.

Orang dengan diabetes harus membatasi makan durian

Jika Anda dengan diabetes serta harus menghitung asupan karbohidrat Anda, maka Anda tidak bisa makan banyak-banyak buah durian karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Durian mengandung jenis gula sederhana, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa.

Durian Sumber Energi Instan

Karena mengandung karbohidrat yang tinggi, maka durian bisa membantu mengisi kembali energi yang rendah dengan cepat (pada orang sehat). Kandungan kalium yang tinggi pada buah ini juga bisa membantu mengurangi kelelahan dan mengurangi stres dan kecemasan .

Durian tinggi kandungan kolesterol

Persepsi ini tidaklah benar. Ternyata durian memiliki kandungan nol kolesterol. Kolesterol hanya ditemukan dalam makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut dan produk susu tertentu. Durian memiliki lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung yang membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. 

Manggis harus dimakan dengan durian untuk mengurangi panas dalam

Menurut China’s conventional wisdom, manggis merupakan buah yang dapat menjadi pendingin dalam perut yang akan mengurangi panas dalam, kalau berhubungan dengan durian. Namun, ternyata belum ada penelitian ilmiah yang dapat mendukung pendapat tersebut. Kebiasaan makan durian dan manggis dalam waktu bersamaan mungkin hanya mitos belaka yang berasal dari kesamaan panenya dua buah tersebut dalam waktu yang bersamaan.

Makan durian dan minum bir pada saat yang bersamaan dapat mematikan

Belum adanya bukti ilmiah yang dapat menunjukkan bahwa dengan mengkombinasikan makanan tersebut dapat mengancam nyawa seseorang. Hal ini lebih memungkinkan seseorang yang mengkonsumsi menyebabkan perut menjadi kembung, gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan pada tubuh kita, karena jantung harus bekerja ekstra keras untuk memetabolisme lemak dan gula yang terdapat dalam durian dan alkohol, terutama jika kita telah mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.
Itulah fakta-fakta penting dari buah durian, sebaiknya makan durian secukupnya saja. Sebab pada dasarnya yang berlebihan itu dapat mengakibatkan hal yang buruk.[Meissy Intan Permatasari]