Play Streaming Now!!
hot news

Jumlah Kebutuhan Cairan Anak Setiap Hari

Posted : Sabtu, 2 Desember 2017 10:24 /     /   no komentar

Solopos FM – 70 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Air merupakan kebutuhan utama bagi tubuh manusia, termasuk anak-anak. Hanya saja kebutuhan cairan anak-anak berbeda dengan kebutuhan cairan orang dewasa. Cairan yang terpenuhi dapat mendukung kinerja organ dan sel-sel di dalam tubuh. Maka, kebutuhan cairan harus selalu terpenuhi. Sabtu (02/12/17).

Untuk mengetahui apakah kebutuhan cairan yang dibutuhkan anak sudah terpenuhi, sebaiknya Anda mengetahui berapa jumlah kebutuhan cairan yang tepat. Rata-rata kebutuhan cairan yang harus dipenuhi anak setiap hari adalah:

  1. Usia 1-3 tahun: 1,1 liter per hari atau setara dengan 4 gelas.
  2. Usia 4-6 tahun: 1,4 liter per hari atau setara dengan 6 gelas.
  3. Usia 7-9 tahun: 1,6 liter/hari atau setara dengan 6,5 gelas.
  4. Usia 10-12 tahun (perempuan): 1,8 liter per hari atau setara dengan 7 gelas.
  5. Usia 10-12 tahun (laki-laki):  1,9 liter per hari atau setara dengan 8 gelas.

Jumlah kebutuhan cairan tersebut hanya gambaran secara umum saja. Kebutuhan cairan anak harus disesuaikan dengan kondisi dan aktivitas anak. Bagi anak-anak yang memiliki banyak aktivitas, tentu saja Anda harus menambahkan asupan cairannya agar tidak terjadi dehidrasi. Selain memerhatikan jumlahnya, Anda juga harus memerhatikan kualitas air minum yang Anda berikan. Pastikan air minum yang dikonsumsi bersih dan higienis.

Selain dengan konsumsi air putih, kebutuhan cairan anak juga dapat dipenuhi dengan mengonsumsi buah dan sayur. Orang tua sebaiknya lebih kreatif saat memenuhi kebutuhan cairan pada anak. Bila anak bosan dengan air putih, Anda bisa membuatkan jus atau menambahkan irisan buah pada air putih yang dikonsumsi oleh anak. [Zainul Anwar]