Play Streaming Now!!
hot news

Tips Belanja Online Dengan Kartu Kredit

Posted : Selasa, 31 Oktober 2017 10:13 /     /   no komentar

Solopos FM – Tahukah Anda, bahwa situs-situs belanja online Indonesia memiliki pertumbuhan yang signifikan. Coba bayangkan, angka transaksi belanja online di Indonesia sudah mencapai ratusan triliun Rupiah. Hal ini memang tidak aneh, mengingat masyarakat Indonesia memang senang dengan berbelanja.

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi saat belanja online, adalah cara pembayaran. Saat ini sudah banyak sekali cara pembayaran melalui online, seperti : e-wallet, COD (cash on delivery), transfer langsung, transfer ke rekening bersama (rekber), transfer ke akun virtual dan pembayaran dengan kartu kredit. Sebagai pembeli, metode pembayaran apa yang paling Anda sukai?

Jika Anda sering belanja online dengan kartu kredit, maka Anda perlu mempraktekkan tips aman belanja online berikut ini.

  1. Pastikan toko online

Cermati dulu apakah toko online tempat Anda berbelanja tersebut mempunyai track record yang baik. Carilah informasi dengan mengetikkan nama toko tersebut pada kotak pencarian Google, akan banyak informasi yang muncul terkait dengan nama tersebut yang bisa Anda baca dan digunakan sebagai pertimbangan.

Jika tempat berbelanja Anda hanya menjadi kedok penipuan, maka bukan saja Anda akan kehilangan uang, tetapi hal yang lebih parah adalah dicurinya password Anda dan digunakannya kartu kredit Anda habis-habisan sampai batas limit terakhir. Walhasil, tanggung jawab pembayarannya menjadi tanggungan dan beban Anda.

  1. Gunakan PC/Laptop pribadi

Lakukan pembayaran dengan kartu kredit menggunakan PC atau laptop pribadi Anda. Hal ini sudah sangat mengurangi resiko kemungkinan pencurian data-data bank Anda. Sebelum melakukan transaksi, pastikan antivirus atau antispyware Anda sudah terupdate dan benar-benar berfungsi. Penjahat cyber biasanya mencuri data melalui spyware yang mereka kirim ke komputer yang sering melakukan transaksi melalui kartu kredit.

  1. Catat data transaksi

Setiap kali melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit, jangan lupa untuk mencatat nomor transaksi, besarnya jumlah transaksi serta nomor rekening tujuan, agar bisa digunakan untuk konfirmasi jika sewaktu-waktu diperlukan atau meminta bank membatalkan transaksi bila terdapat hal-hal yang mencurigakan Anda.

  1. Selalu Logout

Setiap kali selesai melakukan transaksi dengan kartu kredit, jangan lupa menutup akun melalui prosedur Log Out. Lebih aman jika Anda menghapus cache dan cookies hanya pada hari di saat melakukan transaksi tersebut. Pada prinsipnya jangan meninggalkan jejak transaksi pada PC/Laptop Anda untuk menghindari kemungkinan disusupi spyware yang kemudian melacak dan merekam data-data perbankan Anda.

Pada dasarnya keamanan dalam belanja online dengan menggunakan kartu kredit tergantung pada dua sisi, bagaimana sikap Anda dalam memanfaatkan kartu kredit dan secara teknis bagaimana cara Anda menggunakannya ketika melakukan transaksi dalam belanja online. [Zainul Anwar]