Play Streaming Now!!
hot news

Cara Mudah Atasi Kantuk, Letih dan Tubuh Berasa Lemas

Posted : Selasa, 17 Oktober 2017 10:43 /     /   no komentar

Manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang banyak beraktivitas dan juga bergerak setiap harinya. Tak dapat dipungkiri, berbagai macam tumpukan aktivitas yang sering dilakukan oleh manusia pastinya membutuhkan banyak sekali energi dan juga tenaga agar dapat melakukannya dengan sangat baik.

Biasanya ketika melakukan aktivitas, yang kita harapkan adalah selalu bersemangat dan juga optimal dalam melaksanakannya. Namun, ada beberapa saat dimana kita tidak dapat melakukan aktivitas kita dengan semangat, yang disebabkan oleh kondisi tubuh yang mengantuk dan juga lemas.

Lalu sebenarnya, hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan tubuh kita terasa lemas dan juga sering mudah merasa mengantuk? Berikut ini adalah salah satu penyebabnya:

  1. Terlalu banyak beraktivitas

Salah satu penyebab sering mengantuk dan lemas yang terjadi pada tubuh kita adalah aktivitas yang berlebihan. Ketika melakukan suatu aktivitas secara berlebihan, secara alami tubuh kita akan merasa lelah dan lemas, karena kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan terbakar. Apabila dianalogikan seperti kendaraan bermotor, rasa mengantuk dan juga lemas yang sering muncul tersebut disebabkan oleh bahan bakar kita yang telah habis akibat aktivitas yang berlebihan yang dilakukan.

  1. Kekurangan kalori dan juga zat gizi di dalam tubuh

Selain itu, penyebab lainnya dari rasa mengantuk dan juga lemas dapat disebabkan oleh kurangnya asupan kalori dan berbagai macam kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Kekurangan dari kalori dan juga zat gizi ini tentu saja sangat berpengaruh untuk melakukan aktivitas, dan apabila kekurangan kalori dan zat gizi ini terjadi, maka anda akan merasa lemas dan juga mengantuk. Maka dari itu, untuk mengoptimalkan asupan kalori dan juga zat gizi di dalam tubuh anda dapat melakukan beberapa hal berikut :

  • Usuhakan untuk sarapan atau makan pagi
  • Minum suplemen yang mampu meningkatkan asupan vitamin dan juga zat gizi tubuh
  • Jangan terlalu banyak beraktivitas.
  1. Terlalu banyak makan

Tidak hanya kurang makan dan kurang kalori, ternyata hasil penelitian juga mengatakan apabila anda mengalami kelebihan asupan makanan yang mengandung banyak kalori alias makan berlebihan, malahan akan menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa. Nah, maka dari itu, anda pun juga harus mampu untuk mengontrol asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh anda, agar anda tidak merasakan ngantuk dan juga lemas dalam beraktivitas.

  1. Dehidrasi

Selain urusan asupan kalori, hal lainnya yang dapat menyebabkan sering mengantuk dan juga rasa lemas pada tubuh anda adalah dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu gejala tubuh yang mengalami kekurangan atau defisit cairan, sehingga proses metabolisme di dalam tubuh menjadi tidak optimal. Selain itu, kondisi tubuh akibat kurang minum juga dapat berakibat pada menurunnya konsentrasi dan fokus. Tentu saja akan membuat anda menjadi sulit untuk melakukan berbagai macam aktivitas anda dengan baik.

  1. Menurunnya suplai oksigen ke otak

Suplai oksigen yang menurun merupakan penyebab rasa mengantuk lemas pada tubuh anda. Menurunnya suplai oksigen terutama dapat membuat fungsi dan juga kerja dari otak menjadi tidak optimal, sehingga efeknya adalah dapat menyebakan kantuk dan juga lemas.

Biasanya, kondisi suplai oksigen ke otak yang menurun ini disebabkan karena adanya beberapa penyebab umum. Penyebab umum tersebut antara lain :

  • Dehidrasi
  • Kurangnya asupan gizi di dalam tubuh
  • Sesak nafas
  1. Insomnia, gangguan tidur dan juga kurangnya waktu tidur

Anda pasti juga sdah sering mendengar tentang apa insomnia. Ya. Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur, dimana penderitanya tidak dapat memejamkan matanya untuk tidur pada malam hari karena satu dan lain hal, seperti :

  • Banyak pikiran
  • Banyak merokok dan minum alkohol
  • Faktor cuaca dan kondisi lingkungan tempat tinggal
  • Adanya penyakit yang mengganggu, seperti demam dan juga penyakit lainnya
  • Banyak mengonsumsi kafein

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa insomnia merupakan salah satu faktor utama penyebab dari rasa lelah, lemas dan juga mengantuk yang dialami oleh seseorang pada keesokan harinya.

  1. Anemia

Apabila ke – 6 penyebab sebelumnya dari mengantuk dan juga rasa lemas di dalam tubuh disebabkan oleh kondisi disiologis dan juga lingkungan, maka ada pula penyebab dari dalam tubuh yang dapat menyebabkan sering mengantuk dan juga lemas. Anemia merupakan suatu penyakit atau kondisi yang memiliki gejala-gejala utama 5 L, yaitu Lemah, Lelah, Lemas, Letih dan juga Lesu.

Biasanya anemia disebabkan karena kurangnya zat besi di dalam tubuh sehingga membuat kondisi tubuh menjadi mudah terasa lemas.

Tapi tenang, ada cara mudah yang bisa dicoba untuk menghilangkan rasa kantuk dan tubuh terasa lemas, Ini dia:

  1. Melakukan olahraga ringan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa kantuk di siang hari adalah dengan melakukan olahraga ringan. Ragam olahraga ringan yang bisa Anda lakukan adalah: jalan-jalan di area kantor/kampus/sekolah, menggerak-gerakkan tangan dan kaki, naik turun tangga, push up, lompat-lompat, dan olahraga ringan lainnya.

Lakukan olahraga tersebut selama kurang lebih 30 menit, hingga tubuhmu mengeluarkan keringat. Hal ini karena, saat tubuh Anda mengeluarkan keringat, asupan oksigen ke dalam tubuh akan meningkat dan rasa kantuk pun akan berkurang.

  1. Membasuh muka dengan air

Cara yang satu ini tentu paling sering disarankan terutama oleh guru atau dosen, saat melihat mahasiswanya mengantuk di kelas. Yup, walaupun terlihat sepele, air cukup ampuh dalam mengurangi rasa kantuk.

  1. Menyantap makanan yang tinggi protein saat sarapan

Cara ketiga untuk menghilangkan rasa kantuk di siang hari adalah dengan menyantap makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi saat sarapan. Walaupun banyak orang yang menganggap sarapan tidak penting, sebenarnya dengan Anda sarapan, Anda sudah memberikan asupan energi yang cukup bagi tubuh untuk beraktivitas sehingga tubuh tidak terasa lemas dan mendatangkan rasa kantuk.

Pilihan menu yang mengandung protein yang tinggi adalah: telur, susu, kacang almond, atau daging ditambah dengan sayuran dan buah-buahan.

  1. Menempelkan es batu di dahi

Walaupun cara yang satu ini cukup merepotkan, tapi menempelkan es batu pada dahi saat Anda mengantuk ternyata bisa mengurangi rasa kantuk lho. Hal ini karena suhu dingin yang dikeluarkan oleh es batu bisa membantu merefleksikan otak serta menyegarkan pikiran. Tidak harus es batu, Anda juga bisa menggantinya dengan menempelkan minuman dingin ke dahi.

  1. Konsumsi air putih yang banyak

Kalian pasti tahu kan pentingnya mengkonsumsi air putih untuk kesehatan tubuh? Yup, ternyata dengan mengkonsumsi air putih yang banyak, Anda sudah membantu tubuh untuk mengurangi rasa kantuk. Hal ini karena saat mengantuk, biasanya tubuh kita sedang kekurangan oksigen dan salah satu cara mendapatkan oksigen adalah dengan mengkonsumsi air putih.

  1. Duduk tegak

Posisi duduk yang tegak dan tidak membungkuk merupakan salah satu posisi duduk yang sangat disarankan bagi kalian yang sedang merasa mengantuk. Hal ini karena dengan duduk tegak, Anda membuat tubuhmu selalu berada dalam posisi siap dibandingkan posisi tengkurap atau tiduran. Selain itu, Anda juga bisa sesekali mengubah posisi duduk, misalnya dengan memiringkan kaki.

  1. Dengarkan musik dengan beat yang cukup cepat

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan mendengarkan musik. Tapi jangan dengarkan musik dengan beat yang lambat ya, melainkan musik dengan beat yang cepat. Hal ini karena dengan mendengarkan musik tersebut, tubuh Anda akan ikut terpacu mengikuti lagu dan tanpa sadar melakukan gerakan-gerakan seperti menggerakkan kaki atau mengetukkan tangan ke atas meja, dimana hal tersebut dapat mengurangi rasa kantuk. [Zainul Anwar]