Play Streaming Now!!
hot news

Cara Awal Memulai Usaha Ayam Petelor Untuk Para Pemula

Posted : Selasa, 17 Oktober 2017 13:47 /     /   no komentar

SoloposFM – Apapaun usahanya, jika tidak dipersiapkan dengan perencanaan yang matang pasti hasilnya tidak akan maksimal. Begitupun juga dengan usaha ternak ayam petelor ini. Apalagi jika Anda merupakan pemula dalam usaha ternak ayam petelor ini, berikut tips dan cara memulai usaha ayam petelur untuk para prmula.
1. Perencanaan Usaha
Bisnis ternak ayam petelor ini akan menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan manakala digarap dengan teknik dan juga kemampuan dalam melihat peluang usaha.
Bagaimana usaha ini akan dijalankan, proses apa saja yang perlu untuk dilakukan, naik turunnya harga, resiko seperti halnya kondisi pasar, cuaca dan penyakit, dan lain sebagainya.
Maka dari itu Anda harus memiliki perencanaan yang matang saat ingin memulai usaha peternakan ayam petelor ini.
2. Penyiapan Modal
Sebelum memulai bisnis ini alangkah baiknya jika Anda melakukan survey dan analisis biaya terlebih dahulu.
Bisa dikatakan jika bisnis yang satu ini memerlukan modal yang besar. Akan tetapi besar kecilnya modal yang diperlukan tergantung dari skala usaha yang ingin Anda buat.
Jika Anda masih tahap pemula, disarankan untuk membuat peternakan ayam dengan skala yang setandar dulu.
Sebab meskipun skalanya tidak besar, jumlah modal yang Anda perlukan juga lumayan besar.
3. Lokasi Kandang
Jika ingin usaha peternakan ayam petelor Anda berjalan dengan sukses, maka pemilihan lokasi juga sangat penting untuk diperhatikan.
Kenapa demikian, dikarenakan ayam petelor ini sangat sensitif, mudah kaget, dan kepansan, maka dari itu lokasi tempat pembuata kandang harus diperhatikan dengan serius.
Kenapa demikian, jika ayam petelor Anda sampai merasakan kondisi-kondisi seperti itu maka dijamin produksi telur akan merosot drastis dan tentunya Anda yang akan rugi.
4. Pembuatan Kandang
Membuat kandang ayam petelor juga tidak bisa dilakukan dengan cara yang seenaknya sendiri. Tentunya ada konsep tersendiri dari kandang ayam petelor ini.
Agar supaya ayam petelor ini produksi telurnya semakin hari semakin meningkat maka konsep kandangnya juga harus dibuat dengan benar.
Usahakan jangan sampai desain dari kandang ayam petelor tersebut membuat ayam petelor merasa tidak nyaman. Sebab situasi seperti ini merupakan situasai yang sangat berbahaya.
5. Penentuan Skala Usaha
Skala usaha ini bergantung pada jumlah ayam petelor yang akan Anda ternakkan dengan jumlah produksi telur pertahunnya.
Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor pendukung yang dapat membuat produksi telur bisa berlangsung terus menerus.
Faktor pendukung yang dimaksud adalah besarnya modal, luasnya lahan, kapasitas dari kandang, permintaan pasar, dan biaya produksi.
Faktor-faktor tersebut sangat menentukan besarnya ayam petelor yang bisa dipelihara, semakin maksimalnya faktor pendukung maka semakin banyak pula ayam petelor yang bisa Anda ternakkan.
Dan semakin banyak ayam petelor yang bisa diternakkan maka secara otomatis peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar semakin terbuka lebar.
6. Penyiapan Fasilitas Sarana
Cuaca, iklim, dan kondisi temperatur udara juga wajib untuk Anda perhatikan jika ingin usaha peternakan ayam petelor sukses.
Sebab jika ayam petelor ini merasa nyaman maka secara otomatis produksi telur yang akan dihasilkan juga semakin maksimal.
Hal ini dikarenakan ayam petelor merupakan jenis ayam yang sangat sensitif, sangat mudah kaget, dan kepanasan.
Jika ayam petelor sudah merasa tidak nyaman, maka yang terjadi selanjutnya adalah telur yang dihasilkan akan menjadi menurun.
32,2 derajat sampai dengan 35 derajat celcius merupakan temperatur yang sangat cocok untuk kandang ayam petelor ini.
7. Desain Kandang
Selain fasilitas harus mendukung, tata letak dari interior ayam petelor juga harus di desain sedemikian rupa sehingga dapat membuat ayam petelor merasa nyaman dan tidak kepanasan.
Sirkulasi udaranya juga harus ditata dengan baik. Peletakan pakannya juga harus diletakkan ditempat yang tepat juga.
Tempat minum, tempat ransum, dan tempat obat-obatan juga harus di desain dengan tepat agar suapaya ayam petelor merasa nyaman sehingga produksi telurnya akan semakin banyak. Selain itu sistem penerangannya juga harus dikonsep dengan cara yang tepat.
Itulah 7 tips saat ingin memulai usaha peternakan ayam petelor yang bisa Anda contoh. Dikarenakan peluang usaha ayam petelor ini sangat menjanjikan maka jangan sampai Anda tidak memanfaatkan moment berharga seperti ini.[Herman Shahrudin]