Play Streaming Now!!
hot news

Inilah Profil Gubernur DKI Jakarta dari Masa ke Masa

Posted : Senin, 16 Oktober 2017 12:33 /     /   no komentar

Solopos FM – Berikut adalah nama pejabat yang pernah duduk sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Pelaksana Tugas dari masa Letjen TNI (Purn) Dr. (HC) H. Sutiyoso hingga yang sekarang memimpin DKI Jakarta yaitu Anies Baswedan Ph.D.

Letjen TNI (Purn) Dr. (HC) H. Sutiyoso

Letjen TNI (Purn.) Dr. (HC) H. Sutiyoso (lahir di Semarang, 6 Desember 1944; umur 68 tahun) adalah seorang politikus dan mantan tokoh militer Indonesia berbintang tiga. Ia adalah Gubernur Jakarta selama dua periode, mulai 6 Oktober 1997 hingga 7 Oktober 2007, saat ia digantikan Fauzi Bowo, wakilnya, yang memenangi Pilkada DKI 2007. Sebagai gubernur, Sutoyoso adalah tokoh yang cukup menarik. Sepanjang dua periode menjadi gubernur, ia sering mengundang kontroversi ketika menggulirkan kebijakan. Kritikan terhadap proyek angkutan umum busway, proyek pemagaran taman di kawasan Monas Jakarta Pusat, dan sejumlah proyek lainnya. Pada 1 Oktober 2007, ia mengumumkan bahwa dirinya akan maju sebagai calon presiden Indonesia pada Pemilu Presiden 2009.

Sutiyoso atau yang sering di sapa dengan panggilan Bang Yos ini merupakan gubernur Jakarta yang menjabat 2 periode. Periode pertama dari tahun 1997 hingga tahun 2002. Dan periode ke dua dari tahun 2002 hingga tahun 2007. Sebelum menjadi gubernur Jakarta, Sutiyosa merupakan Panglima Kodam Jaya.

Gaya kepemimipinannya sering disebut banyak meniru gaya kempemimpinan Mantan Gubernur Jakara dulu yaitu Ali Sadikin. Salah satu keberhasilan dari gubernur Sutiyoso ini adalah Ia membangun sistem Angkutan masal yang bernama Trans Jakarta atau yang lebih dikenal dengan istilah Busway yang berfungsi sebagai sebuah sistem transportasi baru kota.

Dr. –Ing. H Fauzi Bowo

Dr.-Ing. H. Fauzi Bowo (lahir di Jakarta, 10 April 1948; umur 64 tahun) adalah Gubernur Jakarta dari 7 Oktober 2007 hingga 7 Oktober 2012. Ia terpilih pada pemilu kepala daerah DKI Jakarta tahun 2007 dan berpasangan dengan Prijanto. Pasangan ini mengalahkan pasangan Adang Daradjatun dan Dani Anwar, yang pada waktu itu didukung oleh satu partai saja. Sebelum menjadi gubernur, Fauzi Bowo menjabat wakil gubernur mendampingi Sutiyoso. Fauzi Bowo digantikan oleh Joko Widodo yang terpilih pada pemilu kepala daerah DKI Jakarta tahun 2012.

Fauzi Bowo merupakan Gubernur Jakarta pertama yang dipilih langsung oleh masayarakat Jakarta melalui Pilkada pada tahun 2007. Fauzi Bowo yang berpasangan dengan Prijanto memenangkan pilkada setelah mengalahkan pasangan Adang Daradjatun dan Dani Anwar.

Fauzi Bowo menjabat sebagai Gubernur Jakarta pada periode 2007-2012. Sebelum menjabat gubernur, Fauzi Bowo menjabat sebagai wakil gubernur Jakarta pada masa Kepemimpinan Sutiyoso sebagai gubernur.

Ir. H. Joko Widodo

Ir. H. Joko Widodo atau yang lebih akrab dipanggil Jokowi, (lahir di Surakarta, 21 Juni 1961). Sebelum menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia sekarang (2014-2019), ia adalah Gubernur DKI Jakarta yang terhitung sejak tanggal 15 Oktober 2012. Ia merupakan gubernur ke-17 yang memimpin ibu kota Indonesia.

Sebelumnya, Jokowi menjabat Wali Kota Surakarta (Solo) selama dua periode, 2005-2010 dan 2010-2015, namun baru 2 tahun menjalani periode keduanya, ia mendapat amanat dari warga Jakarta untuk memimpin Ibukota Negara. Dalam masa jabatannya di Solo, ia didampingi F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil walikota. Ia dicalonkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Joko Widodo atau yang lebih dekat di sapa Jokowi merupakan Gubernur Jakarta periode 2012 hingga 2014. Ia terpilih sebagai gubernur berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama setelah dalam pemilu mengalahkan pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli.

Salah satu program yang menjadi andalan di masa kepemimipinan Joko Widodo ini adalah kartu Jakarta sehat dan kartu Jakarta Pintar. Jokowi menjabat sebagai gubernur tidak lama. Karena semasa menjadi gubernur Jokowi mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia. Yang mana akhirnya Jokowi terpilih sebagai Orang nomor satu di Indonesia berpasangan dengan Jusuf Kalla. Terhitung hanya 2 tahun saja Jokowi memimpin Jakarta.

Ir. Basuki Tjahaja Purnama 

Ir. Basuki Tjahaja Purnama lahir (di Manggar, Belitung Timur, 29 Juni 1966). Basuki Tjahaja Purnama atau yang sering disapa Ahok merupakan Gubernur Jakarta periode19 November 2014 hingga 9 Mei 2017. Sebagai seorang wakil gubernur dimasa kepemimpinan Joko Wiodo. Ahok dilantik sebagai gubernur Jakarta meneruskan kepemimpinan Joko Widodo yang pada saat itu telah menjadi Presiden Republik Indonesia.

Gubernur yang dikenal tegas ini juga mencalonkan diri kembali sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta untuk periode 2017-2022. Ahok berpasangan dengan Djarot. Tapi pada akhirnya pasangan ini kalah dengan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Anies Baswedan Ph.D. 

Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. lahir (di Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969) adalah seorang akademisi pendidikan Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk Kabinet Kerja sejak 26 Oktober 2014 sampai digantikan oleh Muhadjir Effendy dalam perombakan kabinet pada 27 Juli 2016.

Anies merupakan cucu dari pejuang kemerdekaan Abdurrahman Baswedan. Ia menginisiasi gerakan Indonesia Mengajar dan menjadi rektor termuda yang pernah dilantik oleh sebuah perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 2007 saat menjadi Rektor Universitas Paramadina pada usia 38 tahun.

Setelah melewati dua putaran, Anies bersama Sandiaga Uno yang diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera ini, memenangkan pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta 2017. Pasangan ini menang  57,95% suara, sehingga di tetapkanlah sebagai Gubernur DKI yang baru saja dilantik pada 16 Oktober 2017. [Zainul Anwar]