Play Streaming Now!!
hot news

Ingin Awet Muda di Usia Tua? Ikuti Tips Berikut ini

Posted : Senin, 9 Oktober 2017 10:40 /     /   no komentar

SoloPosFM – Sosok Puspa Dewi saat ini sedang jadi pusat perhatian masyarakat luas, khususnya kalangan ibu-ibu. Bagaimana tidak, di usianya yang sudah menginjak 50 tahun, namun Puspa Dewi terlihat tetap awet muda, bahkan seperti gadis usia 20 tahun. Jika Anda ingin awet muda seperti Puspa Dewi, sebenarnya tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan kulit dan tubuh.  Coba ikuti tips awet muda, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber ini:

Positive thinking

Tips awet muda di usia tua yang pertama akan kita bahas adalah dengan menerapkan pikiran positif setiap hari dalam hidup anda. Kekuatan pikiran yang anda miliki ternyata begitu besar, sejumlah penelitian telah menunjukan bagaimana efek dari berpikir positif terhadap kesehatan fisik dan juga mental seorang manusia.

Seperti halnya pada sebuah pernyataan yang diberikan oleh Profesor Barbara Fredrickson seorang psikolog sosial dari University of North Carolina yang telah meneliti emosi manusia selama 25 tahun. Beliau menyatakan bahwa pikiran yang positif dapat membantu otak dalam menimbulkan rasa gembira, rasa tenang dan juga rasa bahagia dalam hidup. Beliau juga menambahkan bahwa pikiran positif layaknya nutrisi yang juga dibutuhkan tubuh.

Kontrol stres

Tips awet muda berikutnya yang dianjurkan adalah bagaimana anda mampu mengontrol stres yang terjadi saat menghadapi masalah. Hal ini mungkin serupa dengan poin pertama sebelumnya di atas, tapi secara lebih spesifik  kita akan membahas tentang tersenyum sebagai salah satu cara melawan rasa stres.

Sebuah penilitian yang dilakukan oleh sebuah Universitas di Kansas Amerika Serikat menyatakan bahwa dengan tersenyum bahkan walaupun anda melakukan senyum bohongan (fake smile) dapat menurunkan denyut nadi dan juga tekanan darah ketika sedang dilanda stres. Lalu tunggu apa lagi? Mari tersenyum setiap hari, dengan tersenyum selain membuat diri sendiri lebih bahagia kita juga bisa membuat orang-orang di sekitar kita menjadi bahagia.

Meditasi

Tips awet muda selanjutnya adalah dengan melakukan meditasi, hal ini sebenarnya memiliki tujuan yang serupa dengan 2 poin di atas yakni membuat anda lebih rileks dalam menghadapi masalah hidup. Seorang ahli bernama Deepak Chopra, M.D., menyatakan bahwa orang-orang yang melakukan meditasi memiliki usia biologis 5 hingga 12 tahun lebih muda dibandingkan dengan usia mereka sebenarnya. Hal ini disebabkan karena orang-orang yang melakukan meditasi memiliki tingkat hormon stres lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak melakukan meditasi.

Olahraga teratur

Selanjutnya selain menyiapkan mental dan psikis yang baik, kita juga harus menyiapkan fisik yang kuat. Olahraga teratur merupakan salah satu jawaban dari tips awet muda yang anda cari, dengan berolahraga secara teratur sejak dini anda akan membentuk badan yang bugar dan juga sehat sejak awal. Olahraga diketahui dapat menjauhkan anda dari obesitas ataupun masalah kesehatan seperti kesehatan jantung dan lain-lain.

Atur pola makan

Berikutnya adalah mengatur pola makan anda, hal ini seharusnya sudah anda lakukan sejak usia muda dan tidak menunggu sampai usia anda bertambah tua. Perbanyak konsumsi makanan-makanan yang sehat seperti buah dan sayur dan juga kurangi asupan kolesterol dan makanan berlemak tinggi. Makanan cepat saji juga sebaiknya dihindari demi kesehatan jantung anda. Pada usia yang lebih tua, makanan tinggi serat seperti sayur dan buah memang lebih dianjurkan mengingat kerja sistem pencernaan sudah semakin menurun.

Cukup tidur

Tips awet muda yang tidak kalah penting adalah cukup tidur pada usia senja, hal ini tidak hanya berlaku bagi orang tua melainkan juga bagi orang muda. Sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan mengurangi waktu tidur yang baik dari 7 jam akan mempengaruhi kadar glukosa darah anda dan kerja dari organ-organ  dalam tubuh. Dengan kebiasaan kurang tidur anda dapat membuat tubuh menjadi rentan terhadap berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi dan juga obesitas.

Hentikan kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk yang menjadi penyebab anda tidak dapat menjalani hari tua yang berkualitas antara lain kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol selain sebelumnya kita sudah membahas kebiasaan makan yang tidak sehat dan waktu tidur kurang yang juga perlu anda ubah. Tidak perlu menunggu sampai terserang penyakit tertentu untuk berhenti melakukan kebiasaan buruk ini.

Demikianlah tips awet muda di usia tua, sederhana dan alami yang patut kita coba, tentu saja tips-tips di atas tidak akan membuat umur anda berkurang atau bahkan tidak bertambah melainkan akan membuat hidup anda lebih bahagia. Kami menyajikan artikel sederhana ini guna membuat anda mendapatkan hari tua yang lebih berkualitas, karena kita tidak dapat mencegah pertambahan usia tetapi dapat menyiapkan hari tua yang bahagia itu bukan? Hidup yang senantiasa bahagia di usia yang sudah senja justru akan membuat anda terlihat awet muda. Selamat mencoba! [Herman Shahrudin]