Play Streaming Now!!
hot news

Mata Lelah Akibat Komputer? Ini Dia Solusinya

Posted : Kamis, 28 September 2017 15:24 /     /   no komentar

SoloposFM-Komputer sudah menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari oleh masyarakat. Hal tersebut karena komputer sebagai alat komunikasi, bekerja dan melakukan kegiatan lainnya. Kebanyakan orang yang menggunakan komputer biasanya mengeluh tentang mata seperti lelah, tegang atau kaku. Tetapi hal tersebut sudah menjadi keluhan yang sangat umum. Studi menunjukkan bahwa mata tegang dan gangguan penglihatan lainnya dialami oleh 50-90 pekerja yang menggunakan komputer. Jika keluhan tersebut dibiarkan dan tanpa ada tindakan dan perhatian lebih lanjut, bisa saja mengancam kesehatan mata Anda, Untuk itulah Anda harus menjaga mata Anda saat menggunakan komputer  .

Berikut ini beberapa cara mengatasi mata lelah akibat komputer, yang dikutip dari berbagai sumber (27/9/2017):

Istirahakan Mata Anda

Jika Anda menatap layar monitor terlalu lama maka dapat menyebabkan mata menjadi tegang dan cepat lelah . Untuk itu, saat mata merasa lelah, ada baiknya jika Anda segera beristirahat meskipun sejenak. Ambilah istirahat kecil, entah berjalan-jalan kecil atau mengalihkan pandangan Anda pada objek lain selain komputer dan handphone. ada bagusnya alihkan pandangan Anda pada komputer untuk melihat taman dan daun hijau.

Atur Kecerahan Layar Komputer Anda

Jangan menggunakan layar komputer terlalu terang sebab layar komputer yang terlalu cerah akan membuat mata Anda mudah merasa lelah. Untuk itu, sebaiknya atur kembali kecerahan pada layar monitor, usahakan untuk tidak terlalu terang, agar mata Anda tidak cepat merasa lelah.

Atur Jarak Anda dengan Layar Monitor

Jika menatap layar monitor terlalu dekat bukan saja berpengaruh pada kesehatan mata, melainkan juga pada area punggung dan leher Anda juga. Untuk itu, berikanlah jarak antara tempat duduk Anda dengan layar monitor. Buatlah posisi senyaman mungkin agar Anda tidak harus bekerja ekstra dengan menjulurkan leher pada bagian monitor karena objek pada monitor yang tidak terlihat dengan jelas.

Pijat Mata

Selain 3 cara diatas Anda juga bisa melakukan cara ini yaitu mengendorkan urat mata dengan memijatnya. Anda harus rutin memijat bagian mata saat menjelang tidur. Cobalah gerakan memijat bagian kelopak mata dengan lembut dengan gerakan melingkar selama kurang lebih dua menit. Memijat adalah salah satu cara untuk mengendurkan otot mata yang tegang.

Rajin Mengedipkan Mata Anda Saat Bekerja

Berkedip adalah salah satu cara paling sederhana untuk membuat mata Anda kembali segar. Saat Anda merasa lelah, usahakan untuk mengedip-ngedipkan mata untuk memulihkan kebugaran mata. Meski sederhana cara ini banyak dipilih untuk memulihkan kesehatan mata.

[Lintain Mustika]