Play Streaming Now!!
hot news

Ini Lho Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Posted : Kamis, 28 September 2017 15:22 /     /   no komentar

SoloposFM-Petai merupakan pohon yang berbuah polong-polongan, yang tersebar sangat luas di seluruh Indonesia, khususnya Indonesia bagian Barat. Tumbuhan petai yang dikonsumsi adalah bagian bijinya, biasanya bijinya dikonsumsi ketika masih muda, karena bisa dimakan secara langsung atau dimasak dan direbus. Buah petai ini memiliki bau yang khas, sangat mirip dengan jengkol. Di Indonesia, banyak yang menggunakan petai dan jengkol sebagai bahan campuran makanan tertentu, mulai dari sambal, nasi goreng, hingga tumis-tumisan.

Kebanyakan orang pasti belum mengetahui bahwa petai mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi tersebut dapat memberikan dorongan tenaga yang instan. Penelitian juga membuktikan bahwa petai tidak hanya memberikan energi, namun juga mampu mencegah bahkan mengatasi beberapa macam penyakit dan kondisi buruk.

Berikut ini beberapa manfaat petai bagi kesehatan, yang dikutip dari berbagai sumber (27/9/2017):

Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok

Anda ingin mencoba berhenti dari kebiasaan merokok? Ternyata kandungan vitamin B6, vitamin B12, kalium, dan magnesium yang terkandung di dalam petai ini  juga dapat membantu dalam menghentikan kebiasaan merokok. Hal ini juga dapat mempercepat efek penghentian nikotin yang masuk ke dalam tubuh.

Obat Mabuk

Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan mabuk adalah milkshake petai yang dimaniskan dengan madu. Petai akan membantu menenangkan perut dengan bantuan madu, karena akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh, sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.

Untuk Diabetes / Gula darah 

Rasa pahit dalam Petai ternyata memiliki dampak super ampuh untuk mengatasi diabetes atau darah manis. Hal ini sudah teruji ratusan tahun lalu hingga saat ini, ternyata banyak yang sudah sembuh total dengan memanfaatkan petai.

Untuk Mengurangi Kolesterol 

Petai juga dapat membantu mengurangi kolesterol, zat antioksidan dalam petai serta berbagai zat lainnya yang terkandung di dalamnya, mampu mengurangi kolesterol secara cepat bagi orang yang memiliki penyakit kolesterol.

Menghilangkan Rasa Sesak karena Kekenyangan

Petai ternyata juga memiliki efek yang dinamakan efek antasida. Efek ini dapat membantu Anda dalam mengurangi rasa begah dan sesak pada bagian dada yang disebabkan oleh kekenyangan atau terlalu banyak makan. petai ini dapat membantu mengurangi rasa sesak dan sakit tersebut.

Mencegah Terjadinya Kegemukan

Selain memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat mengikat lemak, manfaat petai juga dapat mencegah kegemukan dengan cara lain. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa faktor yang menyebabkan kegemukan adalah faktor stres, depresi dan tekanan. Dengan mengonsumsi petai, dapat mengurangi faktor risiko tersebut, sehingga akan terhindar dari kegemukan.

Dapat Menurunkan Suhu Tubuh

Manfaat petai dipercaya sebagai buah atau biji yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Buah atau biji petai ini dikenal dengan istilah buah dingin, yang akan menurunkan suhu tubuh.

[Lintain Mustika]