Play Streaming Now!!
hot news

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Posted : Selasa, 26 September 2017 14:25 /     /   no komentar

SoloposFM-Akhir-akhir ini kondisi cuaca sering berubah-ubah tidak menentu. Kadang, ketika pada pagi hari matahari bersinar sangat terik sehingga suasana terasa panas. Akan tetapi, menjelang malam hari cuaca berubah menjadi hujan dan udara menjadi terasa sangat dingin. Pergantian musim dari panas ke musim hujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari pada sebelumnya. Banyak sekali dari masyarakat akan mengeluh sakit saat musim penghujan datang seperti flu, batuk, masuk angin, sakit kepala dan perut kembung. Oleh sebab itu, menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan sangat perlu supaya tubuh Anda tidak mudah terserang penyakit.

Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan saat musim hujan, yang dikutip dari berbagai sumber (26/9/2017):

Segerakan Mandi dan Keramas Bila Kehujanan

Pertama sediakan alat yang dapat melindungi Anda dari hujan, seperti jas hujan, payung, jaket tebal dan lain sebagainya. Air hujan tidak selamanya bersih karena dapat mengandung partikel-partikel polusi. Apabila tubuh Anda terkena air hujan tidak segera dibersihkan akan menimbulkan berbagai penyakit seperti pilek, flu dan demam. Jadi segeralah mandi dan keramas jika Anda terkena air hujan agar penyakit tidak menyerang Anda.

Cuci Tangan

Untuk menjaga Anda dari berbagai penyakit seperti pilek, batuk, dan influenza. Cucilah tangan Anda secara teratur, hal tersebut merupakan cara terbaik mencegah penyebaran virus dan bakteri. Serta jaga diri Anda dari berbagai penyakit yang mungkin menyerang tubuh Anda saat musim hujan. Cuci tangan dengan benar menggunakan sabun di antara jari-jari Anda, di bawah kuku, dan bagian atas tangan. Bilas dan keringankan tangan Anda secara menyeluruh untuk menyingkirkan kuman.

Perbanyak Minum Air Putih

Saat musim hujan datang, seringkali membuat sebagian orang menjadi lupa akan pentingnya minum air putih. Hal ini disebabkan karena saat musim hujan jarang sekali merasa kehausan. Padahal dengan memperbanyak minum air putih, dapat meningkatkan daya kekebalan tubuh. Biasakanlah meminum air putih minimal 1,5 liter per harinya.

Berolahraga Secukupnya

Kebanyakan orang yang memiliki kebiasaan berolahraga di luar rumah, tentunya hal ini tidak dapat dilakukan saat musim hujan. Namun bukan berarti, tidak dapat berolahraga. Semua orang bisa melakukan olahraga sederhana di dalam rumah. Misalnya push-up, sit-up, lari-lari kecil ataupun olahraga sederhana lainnya.

Jaga Asupan Makanan

Tetap jaga asupan makan sehat Anda terutama saat musim penghujan. Ada baiknya, perbanyak konsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat meski udara begitu dingin. Misalnya konsumsi sup kuah, sayuran dengan kuah hangat, soto ayam dan makanan berkuah sehat lainnya.

[Lintain Mustika]