Play Streaming Now!!
hot news

Ini Lho Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Posted : Selasa, 26 September 2017 14:40 /     /   no komentar

SoloposFM-Wortel adalah tanaman semusim yang dapat tumbuh di daerah beriklim sejuk. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Umbi wortel banyak digunakan sebagai sayuran yang dicampur dengan bahan lainnya. Bukan hanya itu saja manfaat dari wortel, namun wortel juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit atau mencegah barbagai penyakit. Wortel yang akan dikonsumsi haruslah memiliki kualitas baik yang ditunjukan dengan warna oranye yang muda dan terang. Wortel tersebut juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan sodium.

Berikut ini manfaat wortel bagi kesehatan, yang dikutip dari berbagai sumber (26/9/2017):

Kesehatan Mata

Wortel adalah makanan yang paling kaya akan vitamin A dan zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia.

Kolesterol

Para ahli menunjukkan bahwa seseorang yang makan 200 gram wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, maka kolesterolnya akan turun sebanyak 11%. Bukan hanya itu saja namun wortel juga bisa untuk menurunkan risiko stroke hingga 68% dengan mengonsumsi wortel 5 kali dalam seminggu. Sedangkan vitamin A dari wortel tersebut juga dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke. Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut.

Sembelit

Serat yang terkandung pada wortel dapat menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar. Caranya adalah ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci hingga bersih setelah itu wortel diparut. Tambahkan 2 sendok makan air matang dan sedikit garam lalu peras. Setelah itu minumlah air perasan tadi sehari 2 kali.

Mencegah Penyakit Stroke

Para ahli penelitian menunjukan bahwa seseorang yang mengonsumsi lebih dari enam buah wortel mentah dalam satu minggu memiliki risiko stroke jauh lebih rendah dibandingkan beberapa orang yang hanya mengonsumsi wortel satu buah wortel dalam satu bulan.

Wortel Mentah Sebagai Detoks Alami

Wortel dapat menjadi alternatif detoks yang ampuh. Wortel dapat membantu kerja hati dalam membersihkan racun di dalam tubuh. Kolesterol jahat sekaligus lemak juga bisa dikurangi dengan mengonsumsi wortel. Hal ini bisa menjadikan wortel sebagai makanan yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Membantu Memperlambat Penuaan

Tingginya kandungan beta carotene di dalam wortel juga dapat berguna sebagai anti oksidan yang dapat membantu membersihkan sel-sel mati melalui proses metabolisme. Terjadinya proses tersebut akan membantu memperlambat terjadinya proses penuaan.

Membantu Mencegah Terjadinya Infeksi

Wortel memiliki kemampuan untuk mengobati luka luar dan mencegah terjadinya infeksi. Caranya adalah dengan menghaluskan wortel mentah, bisa juga dengan merebusnya terlebih dahulu selanjutnya tempelkan wortel yang sudah dihaluskan tersebut pada luka Anda.

[Lintain Mustika]