Play Streaming Now!!
hot news

Ini Lho Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Posted : Senin, 25 September 2017 11:53 /     /   no komentar

SoloposFM-Musim pancaroba adalah masa peralihan antara dua musim, yaitu di antara musim penghujan dan musim kemarau. Akhir-akhir ini musim pancaroba tersebut dialami oleh sebagian besar wilayah Indonesia.  Musim pancaroba tersebut biasanya ditandai dengan cuaca pada siang hari yang bersinar sangat terik sehingga suasana terasa sangat panas, namun tiba-tiba cuaca dapat berubah seketika atau pada malam hari menjadi hujan dan udara menjadi terasa dingin.

Perubahan musim dan suhu yang tidak menentu mambuat tubuh lebih retan terhadap penyakit dan tubuh harus lebih ekstra melakukan pertahanan. Ada banyak sekali penyakit yang dapat menyerang Anda pada musim pancaroba seperti flu, batuk, gangguan tenggorokan, gangguan pernapasan, diare dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, menjaga tahan tubuh agar tetap sehat dan fit sangat perlu.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tubuh tetap sehat dan fit, yang dikutip dari berbagai sumber (25/9/2017):

Makan Makanan Bergizi

Tips sehat yang pertama adalah selalu mkan makanan yang bergizi. Sebenarnya tidak hanya pada musim pancaroba, tetapi setiap hari Anda harus makan makanan bergizi untuk mendapatkan tubuh sehat. Pada musim pancaroba Anda harus lebih banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan kandungan alami lainnya. Supaya tubuh Anda dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu Anda juga harus tetap istirahat minimal 8 jam perhari. Tubuh yang sehat akan membuat Anda terhindar dari hama penyakit saat musim pancaroba.

Konsumsi Suplemen Vitamin

Selain dari makanan bergizi, Anda dan keluarga juga harus mengonsumsi suplemen tambahan bagi tubuh Anda. Ini juga menjadi salah satu tips sehat musim pancaroba yang sangat ampuh. Pilihlah suplemen kesehatan yang banyak mengandung vitamin B dari B1 sampai B12. Vitamin B kompleks akan menjaga stamina dan kesehatan tubuh Anda. Selain itu Anda juga bisa menambahkan konsumsi vitamin C, enchinacea dan juga zink, untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Perbanyak Minum Jus

Jus adalah kunci penting untuk kulit cerah dan kesehatan. Jus sayuran berdaun hijau memiliki manfaat untuk membersihkan tubuh dari limbah asam dan lain sebagainya. Di samping itu jus buah-buahan juga tidak kalah bermanfaat bagi tubuh, manfaatnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan lain sebagainya.

Menjaga Asupan Makan

Saat musim pancaroba Anda harus tetap menjaga asupan makanan setiap hari. Sebaiknya, Anda konsumsi makanan yang hangat serta berkuah supaya tubuh tetap terjaga kehangatannya. Selain itu, Anda juga harus menjaga porsi makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini dikarenakan pada saat suhu dingin akan membuat tingginya nafsu makan dan apabila dituruti nafsu tersebut akan berujung kepada masalah obesitas. Jadi, alangkah baiknya makan di kala lapar dan berhenti sebelum kekenyangan.

Menggunakan Pakaian Tebal dan Hangat

Selain menjaga asupan makan, Anda juga harus menyiapkan pakaian yang tebal dan hangat. Pakaian juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan di musim pancaroba. Sebaiknya gunakan pakaian yang tebal dan hangat supaya dapat menjaga tubuh tetap hangat, apalagi aktivitas di luar ruangan atau out door.

[Lintain Mustika]