Play Streaming Now!!
hot news

Tips Menghadapi Cuaca Panas dan Terik

Posted : Sabtu, 23 September 2017 11:33 /     /   no komentar

SoloposFM-Cuaca di berbagai daerah Indonesia sekarang ini memang mengalami cuaca panas dan terik. Hal tersebut diakibatkan kerena gerak semu matahari yang saat ini berada di sekitar khatulistiwa dan sekitar tanggal 22-23 September 2017 akan berada tepat di atas khatulistiwa dengan suhu sekitar 34-37,5 derajat celcius. Fenomena cuaca panas dan terik merupakan fenomena cuaca alamiah yang biasa terjadi. Kejadian cuaca panas dan terik lebih sering terjadi pada bulan-bulan puncak musim kemarau.

Keadaan cuaca yang begitu panas dan terik di berbagai daerah Indonesia ini juga dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh seperti demam, batuk, sakit kepala, pening dan lain sebagainya. Bagi Anda yang belum terkena penyakit tersebut, sebaiknya Anda hindari penyakit yang menyerang tubuh Anda saat cuaca panas dan terik.

Berikut ini beberapa tips menghadapi cuaca panas dan terik, yang dikutip dari berbagai sumber (23/9/2017):

Perbanyak Minum Air Putih

Cuaca yang panas dan terik dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Sehingga cairan tubuh mudah mengalami kering. Maka untuk itulah, minum air secukupnya sekurang-kurangnya 3 liter sehari untuk menghadapi situasi ini. Pastikan bahwa Anda tidak mengonsumsi minuman yang bergas dan juga berkafein terlalu banyak karena dapat meningkatkan dehidrasi Anda. Sebaiknya Anda mengonsumsi minuman yang berisotonik yang dapat menggantikan garam dan mineral yang hilang dari tubuh Anda.

Pakailah Pakaian Tipis dan Cerah

Untuk mengatasi intensitas keringat, pakailah pakaian dengan bahan yang dapat menyerap keringat seperti katun. Pilihlah pakaian yang tipis sehingga Anda tidak merasa panas. Warna pakaian yang cerah lebih baik karena dapat memantulkan panas.

Berada di dalam Bangunan

Pastikan Anda tidak terlalu lama di bawah sinar matahari atau cuaca panas. Kalau bisa hindari aktivitas di luar ruangan dan pastikan pengudaraan di dalam ruang Anda cukup.

Gunakan Cream Pelembap Tubuh

Kulit kering menjadi tantangan tersendiri setiap kemarau datang, jika harus bepergian ke luar rumah. Cream pelembap ini dapat membantu kulit Anda terhindar dari sinar UV matahari. Bukan hanya digunakan di area wajah saja, tapi tangan dan kaki pun perlu memakainya. Bagi beberapa orang yang bersantai di rumah juga boleh menggunakan cream pelembap ini. Panas matahari pun bisa dirasakan saat Anda berada di dalam rumah.

Persediaan Air Bersih Tetap Ada 

Dari pengalaman di beberapa daerah yang tidak menguntungkan adalah kondisi air bersih yang berkurang sehingga harus menerima bantuan dari daerah lain. Air mandi, air cuci, air minum harus tersedia dengan baik untuk menjaga kesehatan tetap prima. Misalkan mandi dengan air dingin ketika cuaca panas pasti menyegarkan. Badan yang lengket karena keringat langsung jadi segar kembali. Walaupun menyegarkan, jangan lupa perhitungkan juga cadangan air di rumah Anda. Musim kemarau membuat persediaan air bersih berkurang. Maka untuk itu, Anda harus pintar-pintar menggunakan air bersih Anda.

Pastikan Konsumsi Buah dan Sayur

Dengan mengonsumsi buah dan sayur kondisi dalam tubuh memenuhi cairan yang cukup. Kondisi suhu panas akan menjadi dingin dengan mengonsumsi buah segar dari almari es Anda. Buah dan sayur tersebut sebagai asupan nutrisi yang dapat membuat Anda tetap sejuk, cobalah untuk mengonsumsi buah dingin dan produk susu rendah lemak.

[Lintain Mustika]