Play Streaming Now!!
hot news

Inilah Kreasso Dari Tahun ke Tahun

Posted : Kamis, 14 September 2017 14:37 /     /   no komentar

SoloposFM-KREASSO merupakan singkatan dari Kreatif Anak Sekolah Solo, yang merupakan suatu perkumpulan siswa-siswi sekolah di Solo yang memiliki tujuan untuk menggali potensi yang ada di dalam pendidikan khususnya sekolah yang ada di Kota Solo. KREASSO sudah menjadi salah satu event tahunan yang digagas oleh Pemerintah Kota Solo melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Solo.  Dalam event ini diharapakan menjadi sebuah event yang identitasnya dari pelajar Kota Solo yang memiliki kreatifitas dan ide yang bagus . KREASSO tahun 2017 merupakan penyelenggaraan yang ke-8. Untuk itulah, ada baiknya mari kita mengulas tentang bagaimana KREASSO dari tahun ke tahun.

Berikut ini beberapa hal mengenai KREASSO dari tahun ke tahun, yang dikutip dari berbagai sumber (14/9/2017):

1409 2010

2010

Tahun 2010 merupakan tahun dimana pertama kali KREASSO dilaksanakan. Pada gelaran pertama, yakni 18-20 Juni 2010 yang bertempatan di kawasan Mangkunegaran. KREASSO diperuntukan bagi komunitas pelajar dan sekolah di Kota Solo dengan menampilkan kreaktivitas anak-anak sekolah, pentas seni, unjuk prestasi siswa-siswi dan lain sebagainya. Pada saat itu tema yang diangkat adalah Dari Pelajar Solo Untuk Semua Pelajar. Pada KREASSO 2010 format kegiatannya masih cukup sederhana. Namun demikian, antusiasme masyarakat khususnya pelajar, sangat menggembirakan dan bahkan banyak siswa-siswi banyak yang datang untuk melihat stand-stand dari sekolah yang lain.

1409 kreasso 2011

2011

KREASSO tahun 2011 ini merupakan tahun ke-2 KREASSO dilaksanakan dengan format penyelenggaraan sama, yakni 3 hari berturut-turut pada tanggal 19-21 Juni 2011 yang bertempat di Kawasan Pasar Triwindu, Ngarsopuro Solo. Seperti pada tahun sebelumnya, event tahunan ini selalu dipadati oleh masyarakat khususnya pelajar dan masyarakat lainnya. Tema yang diangkat pada saat itu adalah Student Competition In Green Product, Simple Tecnology & Creative Community.

Pada saat KREASSO 2011 juga mengundang berbagai sekolah lainnya yaitu . SMAN 2 Bandung, SMKI Kasihan, Bantul, Sleman dan SMA Katolik St Louise 2 Surabaya. Selain itu KREASSO 2011 juga mengundang Delegasi dari Solo Raya (Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Klaten dan Karanganyar). Seluruh delegasi luar Kota Solo tersebut tampil di panggung performing art.

1409 kreasso 2013

2013

KREASSO tahun 2013 juga tidak kalah seru dan menarik dari tahun-tahun sebelumnya. Kenapa bisa begitu? Karena hal tersebut bisa dilihat dari pemilihan tempat yang menggunakan area Ngarsopuro, pada saat itu pemilihan tempat itu juga untuk mengantisipasi musim hujan. Pada saat KREASSO 2013  lomba yang dapat diikuti siswa-siswi sangat beragam antara lain lomba fotografi, gravity, poster, fashion show anak dan band tingkat SMK/SMA. Hal itu bertujuan agar lebih banyak potensi siswa-siswi yang dapat ditampung dan dapat diketahui oleh masyarakat sekitar atau pelajar yang lain.

Pada saat 2013 event tersebut menmpilkan sebanyak 60 penampil yang akan memeriahkan perfoming art dengan berbagai macam kesenian. Selain itu, juga ada 40 stand yang akan digunakan sekolah-sekolahan untuk menampilkan potensi mereka dan ada juga tamu dari sekolah seluruh Solo Raya dan Makassar.

1409 kreasso 2015

2015

KREASSO tahun 2015 dilaksanakan pada 25-27 September 2015 bertempat di Benteng Vastenburg. Pada saat itu KREASSO mengusung tema Kembangkan Potensi Ukir Prestasi, tidak hanya mengembangkan potensi saja siswa-siswi juga harus  mengembangkan beberapa hal akademis, namun bukan akademis saja non-akademis juga harus bergerak.KREASSO 2015 memiliki konsep lebih ke pelajar di Kota Solo untuk mencari siswa-siswi yang memiliki potensi dan prestasi baik di bidang akademis maupun non akademis.

Tahun 2015 ini ada perbedaan dari tahun sebelumnya, yakni tempat, stand, tenda, dan panitianya juga berbeda. Jumlah performing art ada sekitar 80 sekolah, sedangkan expo ada 32 sekolah dan panitianya 20 sekolah yang terbentuk dari perwakian osis untuk jadi panitia KREASSO 2015.

1409 kreasso 2016

2016

KREASSO tahun 2016 merupakan tahun ke-7 sejak KREASSO dilaksanakan. KREASSO tersebut mengusung tema Dream Students for Future yang melibatkan komunitas filateli dari Ekstrakurikuler Filateli SMP Negeri (SMPN) 1, serta mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo di stan Robotik. KREASSO tersebut digelar di Benteng Vastenburg Solo.

KREASSO tahun 2016 juga terdapat 38 stand yang menampilkan karya-karya para siswa-siswi dari berbagai sekolah di Kota Solo tersebut dengan produk yang beragam jenisnya. Selain itu, KREASSO juga menampilkan performance art yang diisi oleh 81 penampil serta Lomba Jurnalistik.

1409 KREASSO 2017

2017

Tahun 2017 merupakan tahun ke-8 sejak KREASSO dilaksanakan. KREASSO tersebut mengusung tema Cipta Karya Pelajar Nusantara yang dilaksanakan pada 14-15 September 2017 yang bertempat di Banteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah. KREASSO tersebut juga diikuti oleh semua pelajar Kota Solo. KREASSO 2017 juga tidak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena juga ada beberapa rangakain acara yakni, Performing Art, Expo Education, Gallery Kreasso, Expo Community dan Talkshow.

[Lintain Mustika]