Play Streaming Now!!
hot news

Ingin ke Pasar Gede, Jangan Lupa Cicipi Jajanan Ini

Posted : Kamis, 14 September 2017 14:50 /     /   no komentar

SoloposFM-Pasar Gede merupakan pasar terbesar di Kota Solo. Pasar Gede umumnya menjual bahan pangan sehari-hari seperti buah-buahan, sayuran, daging ikan, serta barang-barang rumah tangga. Selain jadi tempat berputar perekonomian masyarakat Solo, Pasar Gede juga dijadikan sebagai tempat wisata kuliner. Kenapa bisa dijadikan tempat wisata kuliner? Karena Pasar Gede memiliki aneka ragam jajanan kuliner tradisional yang banyak diminati oleh masyarakat Kota Solo dan sekitarnya. Pastinya jajanan Pasar Gede tersebut patut Anda coba.

Berikut ini beberapa jajanan Pasar Gede yang patut Anda coba, yang dikutip dari berbagai sumber (13/9/2017):

1308 telasih

Dawet Telasih

Dawet telasih adalah salah satu kuliner Kota Solo yang populer dan dijual di Pasar Gede. Dawet telasih ini beda dengan dawet-dawet yang lain karena dawet telasih ini yang membedakannya adalah dengan ditambahkannya telasih. Es dawet telasih ala Pasar Gede memiliki racikan yang terdiri dari bahan-bahan seperti ketan hitam, selasih, tape, cendol, tepung beras yang sudah dibuat seperti bubur, irisan buah nangka, gula pasir dan santan. Semua bahan dicampur dan disajikan bersama es batu pada sebuah mangkuk putih.

Dari bahan-bahan yang digunakan sudah dapat dibayangkan bagaimana rasa dawet selasih. Bubur tepung beras berwarna putih memiliki tekstur lembut dengan rasa gurih. Begitu juga dengan ketan hitam dan cendol. Sedangkan tape ketan memiliki rasa manis. Buah nangka yang diiris kecil-kecil, selain warnanya yang manis juga menghasilkan aroma khas. Biji selasih berwarna hitam dengan permukaannya berwarna putih bening menimbulkan sensasi tersendiri saat dikunyah. Gula pasir yang sudah dicairkan dengan santan serta es batu menjadikan dawet selasih terasa segar diminum di siang hari. Satu porsi dawet telasih dijual dengan harga sekitar Rp7.000.

1309 gempol

Gempol Pleret

Gempol pleret adalah minuman yang terbuat dari santan memiliki rasa yang unik, perpaduan antara manis dan gurih. Dalam minuman gempol pleret juga terdapat bola-bola kecil yang terbuat dari tepung beras. Tekstur bola-bolanya tidak mulus kayak bola-bola ronde dan bola-bolanya agak berpasir. Penjual gempol pleret bisa ditemui di sekitar Pasar Gede atau samping pintu utama Pasar Gede.

1309 lenjongan

Lenjongan

Lenjongan adalah kumpulan jajanan pasar khas Solo. Lenjongan terdiri dari gatot, thiwul, klepon, sawut, jagung manis (grontol), cenil, gendar puli, ketan hitam dan masih banyak lagi. Untuk gulanya Anda bisa memilih sendiri, ada gula halus, maupun gula jawa yang sudah dicairkan. Sedangkan untuk rasanya, semua konten lenjongan ini memiliki kesamaan yaitu hampir semua isinya kenyal-kenyal dengan ditambahkan kelapa parut dapat menambah tekstur renyah dan kesat. Lenjongan tersebut dijual di sekitar Pasar Gede atau lebih tepatnya di tengan Pasar Gede. Jajanan Lenjongan dengan isi komplit, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp3.000 saja.

[Lintain Mustika]