Play Streaming Now!!
hot news
menjaga-hubungan-baik-bos-sekretaris

Ingin Hubungan Dengan Atasan Baik? Ini Lho Caranya

Posted : Rabu, 13 September 2017 14:48 /     /   no komentar

SoloposFM-Hubungan baik antara karyawan dengan atasan sangatlah penting dalam dunia pekerjaan. Hubungan yang harmonis ini tentunya sangat berguna untuk kelancaran pekerjaan, Anda bisa lebih semangat dan produktif dalam bekerja. Selain itu, hubungan baik yang sudah Anda jalin dengan atasan juga sangat mempengaruhi jenjang karir Anda ke depannya.

Tetapi tidak semua orang bisa melakukan hal ini meskipun dirasa sangat penting untuk masa depan pekerjaan. Dunia pekerjaan memang dipenuhi dengan tekanan dan emosi yang bisa memunculkan permasalahan dan konflik dengan atasan, sehingga ini bisa menjadikan ketidaknyamanan dalam bekerja. Berikut tips cara agar Anda bisa menjalin hubungan baik dengan atasan Anda, seperti yang dikutip dari berbagai sumber (13/9/2017):

Jaga Profesionalisme Dalam Bekerja

Pertama, yang Anda perlukan adalah pengakuan dari atasan Anda, tunjukkan kepadanya bahwa Anda adalah karyawan yang profesional. Anda harus mengerjakan pekerjaan yang ditargetkan dengan baik, tepat waktu, dan teliti. Dengan begitu atasan Anda akan lebih puas, sehingga ini akan menjadikan kepercayaan yang baik antara Anda dan atasan.

Jadilah Karyawan Yang Lebih Produktif Lagi

Dalam dunia pekerjaan, profesionalisme saja masih kurang cukup, Anda juga perlu mengembangkan tingkat produktivitas dalam bekerja dengan membuka pikiran untuk memunculkan ide-ide cemerlang yang berguna bagi perusahaan tempat Anda bekerja. Tentu saja ini akan semakin mendekatkan hubungan Anda dengan atasan lebih baik.

Terima Kritikan Dengan Lapang Sebagai Evaluasi

Kebanyakan orang memang tidak suka mendapatkan kritikan dari orang lain atas apa yang dilakukan. Tetapi, jika Anda bisa bersikap bijaksana maka sebenarnya kritikan tersebut merupakan pelajaran yang harus Anda terima agar menjadi lebih baik. Begitu pula dalam bekerja, terima apapun kritikan dari atasan meskipun bersifat menjatuhkan, justru kritikan tersebut akan menjadi bahan pelajaran yang berharga untuk meningkatkan kinerja Anda.

Pahami Karakter Atasan Anda Dengan Baik

Selain itu, Anda juga perlu memahami karakter atasan Anda dengan baik. Dari sini, tentu Anda bisa mengerti apa yang seharusnya Anda lakukan untuk menjaga hubungan terjalin dengan baik, dengan mengetahui apa yang membuatnya lebih puas dengan pekerjaan Anda, apa yang membuatnya kecewa, bahkan kapan ia merasa bad mood. Semakin Anda bisa mengetahui karakter atasan lebih banyak, semakin pula memperlebar peluang Anda untuk mendekatinya.

Selalu Jaga Etika dan Moral Anda

Ingatlah bahwa atasan Anda hanya manusia biasa, memang sudah menjadi watak manusia lebih condong untuk mendapatkan penghormatan dari orang lain, apalagi Anda sadar akan posisi Anda saat ini. Jadi, pastikan Anda tetap menjaga etika dan moral, seperti:  Gunakan bahasa yang baku dan sopan dalam berkomunikasi, Jadilah orang pertama yang menyapa saat bertemu, Jangan mencari-cari kesalahan atasan Anda, Jangan ikuti komunitas para haters, Hindari sifat egois, dan lain-lain.

Bersikaplah Secara terbuka

Apapun masalah dalam pekerjaan, akan lebih baik jika Anda mendiskusikannya dengan atasan jika memang Anda mengalami jalan buntu. Demikian pula jika Anda memiliki konflik dengan atasan, jangan takut untuk mendiskusikan masalah tersebut, mintalah ia untuk menasehati Anda atas apa yang seharusnya Anda lakukan, terima dengan hati jernih atas kesalahan Anda.

Pahami Batasan Anda dan Ingatlah Diri Sendiri

Seakrab apapun Anda dengan atasan, sadarilah posisi Anda, Anda bukanlah teman tetapi masih bawahan. Jadi, tetap jaga sikap hormat Anda kepadanya dan fokuslah untuk tetap membangun kepercayaan anatar Anda dengannya.

(Erlin Setyawati)