Play Streaming Now!!
hot news
1209 1

Inilah Manfaat Jahe Sebagai Obat Herbal

Posted : Selasa, 12 September 2017 15:21 /     /   no komentar

SoloposFM-Sejak ribuan tahun lalu jahe telah menjadi bahan obat yang terkenal karena manfaatnya yang nyata. Jahe juga mengandung senyawa keton (zingeron) dan dikenal sebagai rempah-rempah pelengkap bumbu menu masakan. Selain itu jahe juga sering digunakan sebagai minuman penghangat badan, yang dikenal dengan wedang jahe, karena rasa pedas yang terkandung pada jahe sangat ampuh untuk membuat badan menjadi hangat. Rasa pedas jahe yang khas menjadi sensasi rasa tersendiri sehingga disukai banyak orang. Tidak cuma untuk menghangatkan tubuh saja, namun jahe bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit.

Berikut ini beberapa manfaat jahe sebagai obat herbal, yang dikutip dari berbagai sumber (12/9/2017):

Melancarkan peredaran darah

Manfaat jahe untuk melancarkan peredaran darah karena jahe bersifat antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah, selain itu Gingerol yang terdapat di dalam kandungan nutrisi jahe. untuk itu jahe juga bisa mencegah tersumbatnya pembuluh darah, efek dari itu tersumbatnya pembuluh darah ini penyebab utama adalah penyakit stroke dan juga serangan jantung.

Perut kembung

Selain melancarkan peredaran darah jahe juga bermanfaat bagi sebagian orang yang sering mengalami perut kembung dan nyeri asam lambung. Jahe dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pada pencernaan dan iritasi usus akibat efek makanan dan zat kimia dari makanan instan.

Mengobati migrain

Pada sebuah artikel bahwa manfaat jahe juga bisa dapat menghentikan prostaglandin, yang dimana prostaglandin merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala atau migren akibat kurang lancarnya pembuluh darah.

Demam dan batuk

Gingerol pada jahe yang sebelumnya sudah dijelaskan dapat melancarkan peredaran darah, kandungan gingerol juga dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk. mengonsumsi jahe bisa berarti menekan timbulnya efek samping seperti yang terkandung dalam kandungan obat-obatan kimia dan zat berbahaya dalam tubuh.

Mencegah perut buncit

Dengan mengonsumsi jahe secara rutin dan sebelum makan dapat mencegah terjadinya perut buncit, oleh sebab itu jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan. Dengan adanya sebuah peningkatan metabolisme tersebut yang berdampak akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

Menurunkan tekanan darah

Jahe juga bermanfaat untuk merangsang pelepasan hormon adrenalin dan juga dapat memperlebar pembuluh darah, yang bisa mengakibatkan darah mengalir menjadi lebih lancar dan lebih cepat serta dapat meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

Menurunkan berat badan

Selain menurunkan tekanan darah jahe juga dapat melebarkan pembuluh darah yang membakar kalori sehingga tubuh menjadi panas atau hangat dan jahe hanya mengandung sedikit kalori yang terkandung, sehingga tidak berkontribusi untuk menaikan berat badan.

Mengobati sakit gigi

Nyeri gusi dan sakit gigi ternyata dapat juga dicegah dengan meminum minuman air jahe. karena jahe bersifat antijamur dan antibakteri.

Meredakan rasa sakit

Pereda rasa sakit alami dan juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala. Cara menggunakannya dengan minum wedang jahe 3 kali sehari atau bisa juga dengan minum wedang ronde, mengulum permen jahe, dan menambahkan jahe pada makanan seperti soto, semur, atau pun rendang.

Membuat tubuh perkasa

Kandungan senyawa yang terdapat pada jahe ada yang bersifat inklamasi. Hal ini tentunya efektif dalam hal untuk membangun otot pada bagian tubuh seperti otot pada lengan. Berdasarkan sebuah penelitian bahwa dapat disimpulan dengan mengonsumsi jahe secara teratur dan rutin dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada otot yang disebabkan karena latihan fisik secara berlebihan.

[Lintain Mustika]