Play Streaming Now!!
hot news
bau mulut

Bahan Makanan Ini Bisa Atasi Bau Mulut

Posted : Selasa, 12 September 2017 09:37 /     /   no komentar

SoloposFM-Punya masalah dengan bau mulut padahal Anda rajin menyikat gigi? Berarti bau mulut Anda bisa saja muncul karena makanan, minuman atau bakteri yang ada di mulut Anda. Beberapa makanan dan minuman tertentu dapat mencemari napas Anda selama beberapa jam, sehingga mulut Anda berbau tak sedap dan mengganggu orang lain.

Bau mulut juga bikin kita tidak percaya diri dan malu saat berbicara dengan orang lain. Apalagi kalau kita sampai dijauhi hanya karena bau mulut yang tidak sedap. Anda tentu tidak ingin mengalami pengalaman memalukan ini, bukan? Berikut adalah makanan yang dapat menangkal bau mulut yang tidak sedap, seperti yang dikutipdari berbagai sumber (12/9/2017):

Apel
Apel adalah salah satu makanan terbaik yang dapat melawan bau mulut yang tidak sedap. Tekstur apel juga membantu dalam menghilangkan kelebihan plak di gigi. Apel dapat memberikan kelembapan pada mulut yang diperlukan untuk menghilangkan bakteri.

Yogurt
Yogurt juga dapat menangkal bau mulut tidak sedap. Sebuah penelitian yang dipresentasikan oleh Dr Kenichi Hojo dan tim peneliti dari Jepang menemukan bahwa yogurt tanpa gula dapat mengurangi senyawa berbau busuk yang menyebabkan bau mulut. Tidak hanya itu, mereka juga menemukan bahwa yogurt dapat mengurangi plak berlebih di gigi.

Stroberi
Stroberi tidak hanya mencegah mulut kering, tetapi juga mengandung sejumlah besar vitamin C. Vitamin C membuat bakteri dan kuman sulit hidup di mulut, sehingga Anda bisa mencegah bau mulut tidak sedap. Makan stroberi dan makanan lain yang kaya vitamin C dapat mengurangi risiko bau mulut.

Teh
Untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap, Anda bisa minum secangkir teh. Studi menunjukkan bahwa minum teh merah atau hijau tanpa gula dapat membantu menangkal bau mulut. Kedua jenis teh ini mengandung antioksidan yang disebut polifenol yang dapat membantu menghancurkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Kayu manis
Kayu manis pada dasarnya dapat menyembunyikan bau tidak sedap di mulut. Aroma yang kuat pada kayu manis juga dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut tidak sedap. Anda dapat memasukkan kayu manis ke dalam secangkir teh untuk menghilangkan bau mulut.

Permen mint
Permen mint dapat membantu menjaga mulut tetap terhidrasi dan berbau harum. Namun, permen mint hanya akan membantu Anda menghilangkan bau mulut untuk sementara waktu. Jadi, ketika bau mulut datang kembali, segera ambil permen mint yang baru.

Hazelnut
Hazelnut dapat melawan bau mulut, jika dikunyah dengan baik dan teratur. Hazelnut juga kaya vitamin dan protein. Itulah sebabnya hazelnut baik untuk kesehatan gigi dan gusi.

(Erlin Setyawati)