Play Streaming Now!!
hot news

Dianggap Tidak Sehat, Ini Manfaat Sejumlah Bahan Makanan

Posted : Sabtu, 9 September 2017 11:48 /     /   no komentar

SoloposFM-Pengertian makana tidak sehat adalah makanan yang tidak mengandung gizi seimbang, hanya memiliki sedikit serat dan sedikit zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh. Bila diberikan pada bayi, balita dan anak-anak, makanan tidak sehat tidak mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Makanan tidak sehat bila dikonsumsi dapat menimbulkan berbagai permasalahan. Alih-alih untuk menyehatkan dan memenuhi asupan nutrisi, makanan tidak sehat justru menimbulkan berbagai dampak negatif seperti timbulnya penyakit, menghambat perkembangan tubuh, mengurangi kecerdasan otak, mengurangi fungsi gerak anggota badan, bahkan dapat menimbulkan kematian.

Selama ini orang beranggapan bahwa makanan tak sehat selamanya berarti tak sehat dan harus dihindari. Namun ahli nutrisi menjelaskan bahwa makanan yang tak sehat sebenarnya juga bisa bermanfaat bagi kesehatan asal Anda tahu bagaimana cara menggunakannya dengan benar dan sesuai takaran. Berikut makanan yang kurang sehat tapi bermanfaat bagi tubuh kita, seperti yang dikutip dari berbagai sumber (8/9/2017):

Garam

Garam seringkali dianggap sebagai pemicu tekanan darah tinggi. Namun tak semua orang harus menjauhi garam. Orang yang mengalami darah rendah misalnya, sering mengalami perasaan lemah dan sensitif terhadap perubahan cuaca. Untuk lebih bersemangat, mereka biasanya minum kopi. Padahal para ahli menjelaskan bahwa minum air putih yang dicampur dengan sedikit garam atau mengonsumsi makanan asin justru lebih baik dibandingkan kopi.

Gula

Gula, baik yang dicampur dengan makanan atau minuman kemasan seringkali dijauhi karena berkaitan dengan penyakit gula atau diabetes. Namun gula juga penting untuk dikonsumsi oleh orang yang terkena hypoglycemia, yaitu yang sering mengalami penurunan kadar gula darah dengan drastis. Hypoglycemia bisa terjadi ketika seseorang tidak makan dalam waktu yang lama. Beberapa tandanya adalah keringat dingin, tangan bergetar, dan rasa lemak. Untuk mengatasinya, segera makan atau minum yang mengandung gula untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Mengonsumsi jus atau minuman yang mengandung gula penting di saat seperti ini.

Minuman bersoda.

Bukan rahasia bahwa minuman bersoda bisa memicu banyak masalah kesehatan, mulai dari obesitas hingga merusak gigi. Namun ketika seseorang membutuhkan energi atau sedang mengalami stres, minuman ini bisa membantu mempertahankan energi dan membuat Anda tak cepat lelah. Yang harus diketahui adalah bahwa Anda tak boleh langsung meminumnya dalam jumlah banyak. Minumlah sedikit demi sedikit melalui sedotan, jangan dalam sekali teguk. Meski begitu, tetap harus diperhatikan untuk tak terlalu sering mengonsumsi minuman ini.

Alkohol

Alkohol adalah salah satu minuman yang dijauhi karena efeknya yang buruk untuk kesehatan. Namun uniknya, minuman ini juga memiliki manfaat, terutama bagi Anda yang sedang berdiet. Mengonsumsi alkohol bisa menurunkan tingkat insulin dalam darah dan membantu menurunkan berat badan.

(Erlin Setyawati)