Play Streaming Now!!
hot news

Inilah Manfaat Cangkang Telur Yang Perlu Anda Ketahui

Posted : Rabu, 6 September 2017 09:38 /     /   no komentar

SoloposFM-Jika ditanya makanan yang bergizi dan punya ciri khas kelezatan tersendiri, Anda pasti akan menjawab telur, dengan berbagai macam olahannya. Terbukti, kuliner yang dibuat dari bahan ini selalu berhasil mengatasi rasa lapar dan mampu mengembalikan semangat Anda dalam beraktivitas. Namun, tahukah Anda? kalau telur dan cangkangnya bukan cuma mampu memuaskan perut saja, tapi juga bermanfaat buat kecantikan dan hal-hal lain di sekitar Anda.

Biar Anda nggak lagi membuang cangkang telur setelah dipakai isinya untuk masak. Selain untuk hiasan, kulit telur bekas bisa digunakan sebagai ramuan kecantikan kulit dan pastinya menyehatkan. Berikut tips agar cangkang telur tidak terbuang sia-sia, seperti yang dikutip dari berbagai sumber (6/9/2017):

Pot tanaman

Anda mungkin sudah sering dengar kabar kalau cangkang telur dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk menaruh berbagai kebutuhan. Misalnya saja pot yang tanamannya berukuran kecil sehingga bisa dimasukkan ke dalam cangkang.

Campurkan dengan makanan hewan peliharaanmu

Bukan hanya isi telur yang bergizi, tapi kulitnya pun demikian. Kandungan kalsium, zat besi, dan mineral rasanya sayang jika Anda buang begitu saja. Supaya bermanfaat, Anda bisa menjadikan kulit telur sebagai penambah makanan hewan.

Namun, Anda wajib menghancurkan hingga halus dulu cangkangnya, setelah itu campurkan ke dalam makanan hewan yang telah Anda siapkan. Santapan hewan peliharaan Anda pun jadi penuh nutrisi.

Pengusir hama

Hadirnya kecoa dan tikus di dalam rumah suka buat Anda jengah. Rasa jijik pun menyelimuti dan nggak jarang Anda kesal lantaran Anda telah rajin membersihkannya. Nah, untuk mengusirnya kamu tinggal lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Keringkan dan haluskan cangkang telur hingga jadi bubuk. Setelahnya taburkan pada hama yang Anda temui di rumah.
  • Atau Anda juga bisa menaburkan bubuk kulit telur itu pada daun tanaman yang telah dirusak hama.
  • Taburkan bubuk pada sekitar permukaan tanah tanaman biar saat hujan mampu mengusir hama.

Dengan begitu, hama di sekitar rumah Anda dapat menghilang seketika.

Berguna untuk wajah

Percaya atau tidak, kecantikan kulit bisa diwujudkan dengan memanfaatkan cangkang telur. Tentu saja cangkangnya harus dibersihkan dan dikeringkan supaya steril. Setelah itu, Anda perlu haluskan dulu. Ikuti cara-cara berikut ini ya:

  • Membersihkan kulit: ambil 3 sdm bubuk cangkang telur dan campurkan dengan madu. Ketika sudah tercampur, oleskan pada bagian kulit.
  • Mencerahkan kulit: sisakan putih telur dan campurkan dengan 1 sendok bubuk, kemudian aplikasikan pada bagian kulit. Ketika telah mengering, silahkan bilas dengan air bersih.
  • Meremajakan kulit: Campurkan bubuk dengan 1 sdm putih telur dan sdt gula merah, oleskan secara perlahan pada kulit.

 

(Erlin Setyawati)