Play Streaming Now!!
hot news

Tips Aman Mengambil Uang di ATM

Posted : Selasa, 29 Agustus 2017 10:41 /     /   no komentar

SoloposFM-Mengambil uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) merupakan hal yang sudah biasa di zaman sekarang ini dan sebagai salah satu alat bantu pembayaran yang sah. ATM selalu dijadikan fasilitas utama yang dimiliki oleh sejumlah instansi perbankan, karyawan kantoran dan lain sebagainya.

Maraknya kejahatan yang terjadi di ATM membuat banyak orang kehilangan seluruh saldonya. Hal tersebut terjadi karena banyaknya oknum tangan jahil yang memanfaatkan momen ini untuk mengambil keuntungan bagi dirinya sendiri. Agar tidak menjadi korban dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, berikut tips aman mengambil uang di ATM, yang dikutip dari berbagai sumber (29/8/2017):

Cari ATM yang Ramai

Kebutuhan uang memang terkadang sangat penting bagi banyak orang. Hal ini membuat orang mencari mesin ATM terdekat untuk mengambil uang. Dalam mengambil uang di ATM, Anda perlu bijak terhadap diri sendiri. Meskipun sedang terburu-buru, jangan sampai Anda mengambil uang di ATM yang sepi. Cari ATM yang ramai, karena penjahat akan ragu untuk melancarkan aksinya di ATM yang ramai.

Menutup Area Keyboard Saat Memasukkan Nomor PIN

Tindakan menutup area keyboard saat memasukkan nomor PIN seperti ini mudah untuk dilakukan oleh banyak orang. Meskipun di belakang Anda tidak ada orang antri, tutup area tombol dengan jari-jari tangan atau kertas saat memasukkan nomor PIN Anda. Ada beberapa modus kejahatan yang memasang kamera mikro pada sekitar mesin ATM. Dengan demikian, jika kartu ATM Anda dicuri, uang Anda bisa langsung ludes karena si penjahat sudah mengetahui nomor pin Anda.

Lapor Security Jika Kartu Tertelan Mesin

Jika Anda mengalami kartu ATM tertelan mesin, maka segeralah minta bantuan ke security ATM setempat untuk segera mengisolir lokasi tersebut dengan memberikan pengumuman “Mesin ATM ini rusak”, dan segeralah hubungi nomor yang dapat dihubungi untuk menampung keluhan Anda.

Jika kantor bank yang bersangkutan bersebelahan dengan mesin ATM yang menelan kartu Anda tadi, sebelum Anda menelepon pihak ATM, sebaiknya mintalah print out rekening untuk mengetahui Outstanding saldo rekening Anda pada jam tersebut, untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan. (misalnya kesalahpahaman mengenai sisa saldo tabungan yang masih Anda miliki). Usahakan setiap Anda menelepon menyampaikan keluhan Anda, Anda wajib mengetahui identitas orang yang Anda hubungi tersebut.

Katakan Tidak Pada Orang Tidak Dikenal

Beberapa masalah bisa Anda temui saat pergi ke ATM. Bisa saja mesin ATM rusak atau transaksi Anda tidak pernah berhasil. Tentu hal ini membuat Anda membutuhkan pertolongan. Hindari jika ada seseorang yang menawarkan bantuan Anda seperti membantu Anda bertransaksi atau hal lainnya. Bisa saja Anda terkena hipnotis dan malah membuat Anda kehilangan seluruh uang Anda. Cara yang paling aman saat menemukan kendala pada mesin ATM, segera hubungi saja pihak customer service bank terkait.

Kewaspadaan saat mengambil uang di ATM perlu Anda tingkatkan. Selalu fokus saat melakukan transaksi dengan ATM dan perhatikan keadaan sekitar. Jika memungkinkan, selalu berdua dengan teman atau kerabat Anda saat melakukan transaksi pada mesin ATM. Terlebih jika Anda wanita yang selalu menjadi sasaran empuk para penjahat.

[Lintain Mustika]