Play Streaming Now!!
hot news

Inilah Fakta-Fakta Tentang Hari Jumat

Posted : Jumat, 25 Agustus 2017 15:07 /     /   no komentar

SoloposFM-Hari Jumat merupakan hari dengan banyak nama dan makna di seluruh dunia. Hari Jumat biasanya hari yang ditunggu-tunggu banyak masyarakat, karena hari yang dianggap suci bagi sebagian orang terutama yang beragama islam dan hari terakhir seminggu dalam lima hari kerja.

Sebagian dari kita mungkin hanya mengetahui bahwa hari Jumat adalah hari setelah hari Kamis dan hari sebelum Sabtu. Bukan hanya itu hari Jumat juga memiliki fakta-fakta lain yang jarang diketahui oleh kalangan masyarakat.

Berikut ini beberapa fakta tentang hari Jumat yang jarang diketahui, yang dikutip dari berbagai sumber (25/8/2017):

TGIF

Anda mungkin sering mendengar istilah yang satu ini terutama di berbagai sosial media dihari Jumat. TGIF sendiri merupakan singkatan dari Thanks God Its Friday dan frase ini digunakan karena orang-orang merasa senang di mana akhir pekan akan dimulai setelah melewati hari Jumat. Pastinya setiap orang akan senang saat hari Jumat karena selain waktu kerja mereka lebih pendek, esok harinya juga mereka bisa berlibur di rumah dan terlepas dari pekerjaannya.

Pantangan Berlayar Dihari Jumat

Beberapa mitos seputar hari Jumat memang banyak terdengar dan mitos tersebut tidak terhenti sampai Friday the 13th saja. Dalam dunia maritime, mengawali berlayar di hari Jumat sangat pantang dilakukan terutama didunia barat karena memulai berlayar di hari tersebut dianggap bisa mendatangkan kesialan dan menyebabkan marabahaya.

Warna Keberuntungan

Jika Anda belum tahu, masyarakat Thailand memiliki kalender kepercayaannya sendiri dan setiap hari memiliki lambang warnanya tersendiri seperti misalnya hari Jumat yang dilambangkan dengan warna biru. Masyarakat disana percaya bahwa mengenakan sesuatu berwarna biru pada hari Jumat bisa mendatangkan keberuntungan. Jadi bisa disimpulkan bahwa warna biru melambangkan hari Jumat dan jika mengenakan warna tersebut di hari Jumat mereka percaya bisa lebih beruntung.

Casual Friday

Hampir 90% perusahaan di Amerika dan dunia tren casual Friday di mana para pegawainya mengenakan pakaian yang kurang formal atau tampak lebih kasual dibandingkan dengan hari lainnya. Memang sering kita jumpai hal yang demikian di beberapa kantor, wajar saja hari Jumat kan memang hari santai dan terakhir dalam seminggu sebelum berlibur di akhir pekan. Mengenakan pakaian dengan gaya kasual di hari Jumat juga memberikan kesan lebih akrab pada para pegawainya dan membuat suasana kerja sedikit lebih menyenangkan.

Asal Mula Kata Jumat

Sama seperti nama-nama hari lainnya kata Jumat juga berasal dari bahasa Arab ‘jumuah’ yang berarti ramai. Seperti yang kita ketahui hari Jumat memang hari yang ramai terutama bagi umat Islam dimana masjid ramai dikunjungi oleh penganut agama islam yang akan melakukan ibadah salat Jumat. Salat Jumat di masjid tentu wajib hukumnya bagi para pria yang beragama islam sehingga suasana masjid pasti ramai di hari ini dibandingkan hari biasanya.

[Lintain Mustika]