Play Streaming Now!!
hot news

Tips Aman Memilih Travel Haji dan Umroh

Posted : Selasa, 15 Agustus 2017 13:12 /     /   no komentar

SoloposFM-Hampir setiap tahunnya, selalu ada keresahan yang dirasakan oleh setiap calon jamaah haji dan umroh yang hendak beribadah ke tanah suci. Keresahan yang sering dirasakan oleh calon jamaah haji maupun umroh pun bermacam-macam, seperti marak terjadi kasus penipuan agen-agen yang tidak bertanggung jawab dan mengatasnamakan travel haji dan umroh.

Bagi Anda yang hendak akan berencana untuk ibadah haji atau umroh ke tanah suci maka harus berhati-hati dengan memilih agen travel yang akan Anda pilih. Sebaiknya Anda memilih agen travel haji dan umroh yang amanah, profesional, dan dari segi pelayanan pun sangat memuaskan.

Inilah beberapa cara memilih travel haji dan umroh yang baik dan benar agar tidak tertipu, yang telah dikutip dari berbagai sumber (15/8/2017):

Izin Biro Perjalanan Wisata (BPW)

Sebelum memiliki izin penyelenggaraan umroh, travel harus memiliki izin BPW  terlebih dahulu. Dari sekian banyak biro perjalanan atau agen travel haji dan umroh yang ‘nakal’, kebanyakan dari mereka tidak memiliki izin beroperasi secara resmi dari pemerintah kementerian agama. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda mengecek data-data dari biro perjalanan atau agen travel haji dan umroh yang bersangkutan.

Untuk mengetahui apakah agen travel tersebut memiliki izin resmi atau tidak, ada 2 cara yang dapat Anda lakukan. Pertama, silakan datang ke kantor Departmen Agama daerah setempat, lalu mintalah daftar PPIU resmi di wilayah tersebut kepada petugas yang ada di sana.

Kedua, apabila Anda tidak memiliki waktu untuk datang ke kantor Departmen Agama setempat, Anda bisa mengakses website resmi Kementerian Agama di sini: http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu

Kemudian, cari nama agen travel haji dan umroh yang ingin Anda gunakan, apakah di daftar tersebut ada nama biro tersebut atau tidak. Kalau ada, berarti biro perjalanan tersebut telah terdaftar. Kalau tidak ada, berarti tidak memiliki izin resmi. Lebih baik pilih yang lain.

Jadwal Keberangkatan

Selain izin biro perjalanan wisata (BPW), pastikan jadwal keberangkatan haji atau umroh kepada biro travel. Lazimnya jadwal keberangkatan sudah dipastikan karena terkait dengan booking tiket pesawat dan pemesanan hotel. Saat membeli paket umroh pastikan jadwal keberangkatan sudah jelas dan tertera dalam kuitansi pembelian. Ketidak jelasan jadwal juga secara syariat tidak memenuhi syarat jual beli karena ada komponen penyusun paket yang belum dipastikan oleh travel umroh.

Cek Nama Hotel dan Lokasinya

Untuk memastikan kevalidan data, lakukan konfirmasi mengenai nama hotel dan lokasi hotel di sana. Bisa lewat Google Maps atau Apple Maps. Pastikan nama hotel, lokasi hotel, dan rate bintangnya sesuai dengan apa yang telah ditawarkan oleh biro perjalanan Anda.

Pastikan Status Visa yang Anda Dapatkan

Cek kembali mengenai status Visa yang Anda dapatkan dari pemerintah Arab Saudi. Pastikan statusnya sesuai dengan keperluan Anda untuk ke Tanah Suci yaitu untuk beribadah umroh ataupun haji.

Paket Biaya Umroh

Setelah mendapatkan jatah kuota visa, pastikan biaya haji atau umroh yang dikenakan harus wajar dan pastikan apa saja fasilitas yang diberikan. pastikan apa saja pelayanan yang didapat jamaah dengan biaya umrohnya.

 

[Lintain Mustika]