Play Streaming Now!!
hot news

Ini Ciri-ciri Mesin ATM Tak Aman Buat Transaksi

Posted : Kamis, 10 Agustus 2017 09:40 /     /   no komentar

SoloposFM-Keberadaan kartu debit saat ini sudah menjadi sesuatu yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sekarang ini kartu ATM sudah menjadi favorit masyarakat untuk melakukan transaksi perbankan, baik transfer antar bank maupun tarik tunai.

Proses pengambilan uang melalui ATM memang mudah. Terlebih mesin ATM juga gampang ditemukan dimana-mana. Meskipun sudah ada standar keamanan mesin ATM dari bank, sebagai nasabah kita harus waspada saat menggunakan mesin ATM. Meski praktis, mesin ini ternyata bisa dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aksi pencurian.

Berikut tanda-tanda sebuah mesin ATM tidak aman untuk transaksi, yang dikutip dari Liputan6.com (10/8/2017):

Tampilan Mesin ATM Tidak Biasa

Pernahkah Anda melihat tampilan ATM yang unik? Selain berbeda dengan mesin ATM kebanyakan, mesin ini juga biasanya terletak bukan di tempat umum. Hati-hati, bisa jadi ini merupakan mesin ATM palsu yang dipakai untuk menipu.

Biasakan diri Anda untuk mengambil uang di mesin ATM resmi yang dekat dengan bank atau terletak di tempat-tempat resmi.

Slot Kartu ATM Sangat Besar

Tanda kedua yang bisa Anda identifikasi apabila mesin ATM tidak aman adalah slot kartu ATM yang sangat besar. Biasanya, slot kartu tersebut dipasangi alat bernama skimmer yang digunakan untuk mencuri data-data rahasia yang Anda punya.

Lubang Kartu ATM yang Macet

Seringkali, pencuri mencoba untuk memodifikasi slot kartu sehingga kartu yang sudah dimasukkan akan sulit diambil kembali. Ini akan memberi tipu daya bagi konsumen bahwa kartu ATM nya telah tertelan. Padahal, kartu tersebut justru sengaja dijebak di mesin ATM.

Pencuri nantinya akan mempergunakan kartu dan semua informasi tentang Anda untuk mengambil uang dalam tabungan.

Tombol ATM Longgar

Tanda lain yang harus Anda waspadai saat menggunakan ATM adalah tombolnya. Tombol ATM yang terasa longgar atau sulit ditekan bisa menjadi pertanda bahwa mesin ATM telah dicurangi.

Ada beberapa pencuri yang menaruh perangkat lain di bawah tombol ATM tersebut. Alhasil, ketika seseorang memasukkan pin ATM-nya, identitas pin tersebut akan dikirim melalui Wifi pada sang pencuri.

Lihat Lingkungan Sekitar

Saat mengambil ATM, pastikan Anda juga mengecek lingkungan sekeliling. Jangan menerima sembarang bantuan apabila Anda mengalami kesulitan menggunakan ATM yang ada.

Penipu biasanya melakukan aksi dengan bergerombol. Mereka akan menjebak target dengan mencoba membantunya menggunakan mesin ATM. Sementara yang lain akan berusaha mengetahui PIN dan identitas rahasia yang Anda miliki.

[Lintain Mustika]