Play Streaming Now!!
hot news

Inilah Peristiwa Lucu dan Unik Para Jemaah Saat Ibadah Haji

Posted : Rabu, 2 Agustus 2017 20:21 /     /   no komentar

SoloposFM-Melakukan ibadah Umroh dan Haji menjadi keinginan semua umat muslim di seluruh dunia. Ada pengalaman lucu dan unik yang terjadi pada jamaah yang berasal dari desa, daerah atau ibu kota.

Hal ini bisa diakibatkan karena kurangnya pengetahuan tentang tempat yang akan dikunjungi atau ditinggali selama ibadah haji atau umroh. Selain itu, pengalaman unik itu juga bisa terjadi kurangnya para pembimbing untuk menjelaskan teknis pelaksanaan, tempat atau hotel yang akan ditinggali selama ibadah.

Bagaimanapun pengalaman unik dan lucu ini bisa menjadi pelajaran bagi para calon jemaah haji agar tidak mengalaminya.

Berikut ini beberapa hal unik dan lucu saat ibadah haji, yang dikutip dari berbagai sumber (2/8/2017):

Penggunaan Toilet Duduk di Pesawat

Wakil Amirul Haj, KH Hasyim Muzadi menuturkan pengalaman unik saat mendampingi jamaah haji dari Jawa Timur. Akibat ketidaktahuan mereka tentang bagaimana menggunakan toilet duduk di pesawat, maka yang terjadi adalah toilet pesawat menjadi sangat bau karena ada yang tidak tahu kalau harus duduk saat menggunakannya, atau malah yang buang air kecil di lantainya. Yang lebih parah, mereka tidak tahu kegunaan tombol flush untuk menggelontor  kotoran setelah buang air besar.

Ringtone Handphone

Jamaah asal Indonesia memang paling susah untuk melepas handphone dimanapun dan kapanpun, bahkan saat ibadah haji dan umroh mereka masih tidak dapat lepas lama-lama dari handphonenya, hingga ada kejadian saat sedang sholat di Masjidil Haram, suasana saat itu sedang tenang dan terdengar sang imam membacakan ayat alquran dengan merdu, tiba-tiba terdengar suara ringtone dari salah satu jamaah Indoensia dan yang lebih mencoloknya lagi ringtone handphone jamaah tersebut adalah “Goyang Dombret”.

Penggunaan Westafel di Hotel

Begitu juga saat berada di penginapan, hal yang sama juga terjadi. Bahkan salah seorang jamaah tidak tahu fungsi wastafel yang merupakan tempat cuci tangan atau muka, namun mereka menggunakannya untuk kencing. Hal tersebut diketahui oleh Amirul Haj, ketika salah satu jamaah mengeluh mengapa tempat buang air kecilnya terlalu tinggi sehingga dia harus memanjat kursi untuk bisa pipis.

Menyewa Mobil Bak

Rombongan Jamaah haji pernah terlihat di jalanan dengan sekitar 4-5 mobil bak terbuka yang berisi jamaah haji Indonesia, ternyata menurut informasi hal itu terjadi karena jamaah tidak memanfaatkan layanan transportasi Bus gratis karena tidak mengetahui informasi tujuan yang lebih banyak dalam bahasa Arab, akhirnya mereka lebih memilih untuk menyewa mobil bak untuk menuju Masjidil Haram.

[Lintain Mustika]