Play Streaming Now!!
hot news
HARIANJOGJA/GIGIH M. HANAFI

Sejumlah siswa mencium tangan gurunya usai liburan di lapangan ketika hari masuk pertama bersekolah di SD Negeri Maguwoharjo 1, Sleman, Senin (7/1). Para siswa sudah mulai menjalini kegiatan belajar mengajar meskipun belum sepenuhnya efektif.

Serba Serbi Hari Pertama Masuk Sekolah

Posted : Senin, 17 Juli 2017 11:42 /     /   no komentar

SoloposFM-Hari ini Senin (17/7/2017) merupakan hari pertama masuk sekolah. Banyak kejadian seru dan membikin kita tersenyum atau geleng-geleng kepala. Misalnya di Brebes, Jawa Tengah. Aktivitas orang tua dan anak untuk menyambut hari pertama masuk sudah terlihat sejak pukul 02.00 WIB hingga menjelang subuh. Sejumlah siswa tampak sudah bersiap masuk sekolah. Sebagian dari mereka sudah mengenakan seragam, dan sebagian lagi hanya menenteng tas sekolah. Mereka berharap, dengan berangkat dini hari bisa mendapatkan bangku di deretan terdepan atau yang diinginkannya. Bagi siswa yang sudah berseragam, mereka langsung menunggu hingga pagi sampai kegiatan sekolah dimulai.

Para siswa tampak bersemangat memulai hari pertamanya. Tidak jauh berbeda di daerah Kota Solo, Jawa Tengah,  para orang tua sibuk mengantarkan anaknya sampai ke dalam kelas, tidak sedikit juga para orang tua murid memperebutkan kursi untuk anaknya.

Orang tua murid sudah datang sejak dini hari ke sekolah untuk menandai bangku di ruangan kelas. Mereka menggunakan kertas nama dengan nama anaknya untuk menandai kursi. Kursi deretan depan menjadi incaran para orang tua murid. Sementara itu, kursi bagian belakang kurang digemari.

Namun menurut anak-anaknya justru bangku paling belakang yang digemarinya, tradisi rebutan bangku ini sudah berlangsung lama. Hal itu lantaran duduk di deretan kursi paling depan dianggap mempermudah siswa dalam menyerap ilmu pengetahuan dari guru. Tidak hanya bangku paling belakang yang digemari murid di Sekolah Dasar, namun juga duduk di dekat jendela merupakan salah satu kegemaran siswa juga.

 

(Erlin Setyawati)