Play Streaming Now!!
hot news
hari-pertama-sekolah

Pertama Masuk Sekolah, Ikuti Tips Ini

Posted : Senin, 17 Juli 2017 09:50 /     /   no komentar

SoloposFM-Tahun ajaran baru sudah tiba. Secara serentak, anak sekolah diseluruh Indonesia memasuki tahun ajaran baru pada hari ini, Senin (17/7/2017). Bagi orang tua yang memiliki anak usia sekolah terlebih baru pertama kali masuk TK atau SD tentu sedang memikirkan bagaimana cara menghadapi pertama masuk sekolah. Disatu sisi, orang tua pasti senang melihat si kecil akhirnya sekolah. Disisi lain, orang tua juga khawatir apakah ia mampu beradaptasi dengan lingkungannya dan timbul rasa kecemasan karena takut anak mereka akan rewel saat memasuki kelasnya. Namun, tak perlu khawatir karena orang tua hanya perlu mengajarkan beberapa hal agar sang anak menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda berikan untuk menghadapi pertama masuk sekolah , yang telah dikutip dari berbagai sumber (17/7/2017):

Jangan Terburu-buru di Pagi Hari

Pagi hari menjadi waktu yang tak disenangi si kecil, apalagi jika semuanya disiapkan dengan terburu-buru. Terburu-buru dapat menimbulkan paksaan pada si kecil dan berisiko membuat rewel. Sejak malam hari, orang tua perlu mengatur waktu yang pas mulai dari si kecil bangun hingga perjalanan menuju ke sekolah.

Datang Lebih Awal

Dengan cara ini, si kecil akan memiliki rasa nyaman terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran. Ia juga dapat bertemu dengan guru terlebih dahulu dan teman- teman barunya. Dengan demikian, si kecil akan merasa aman karena sudah diingat oleh guru dan teman-temannya

Mengajak Anak Mengenal Sekolah Baru

Jauh hari sebelum masuk sekolah, orang tua bisa mengajak anak untuk mengenal sekolah baru. Melihat sekeliling sekolah seperti kelas, lapangan dan mainannya, kantin, berkenalan dengan guru-gur dan segala fasilitas yang ada di sekolah.

Libatkan Anak Mempersiapkan Peralatan Sekolah

Ajaklah anak untuk mempersiapkan keperluan sekolah. Misalnya, seragam sekolah yang akan dipakai, alat tulis, tas, sepatu, dan bekal yang akan dibawa.

Pastikan Anak Dalam Kondisi Sehat

Anak yang kurang sehat, pasti akan mengurangi semangat dan badan menjadi lesu. Kondisi ini bisa menyebabkan anak tidak nyaman di kelas barunya. Maka, menjelang masuk sekolah hendaknya banyak istirahat. Beri anak sarapan sebelum berangkat agar anak bisa lebih konsentrasi dan tidak rewel di kelas karena perut kosong.

Temani Anak Pada Hari Pertama Sekolah

Untuk membesarkan hati anak ketika masuk sekolah, orang tua bisa menunggunya selama masuk sekolah. Setelah anak terlihat merasa nyaman dengan temab dan gurunya. Ibu bisa mulai menunggu di area luar sekolah dan ahkirnya ditinggal.

Amati Keadaan Anak

Dengan menunggu anak secara langsung, orang tua bisa mengamati apa-apa yang menjadi kesulitan anak. Beri kesempatan anak untuk bercerita apa yang dialaminya. Bila ditemukan kesulitannya, misalnya belum punya teman baru. Ibu bisa membantu dengan membesarkan hatinya dan mencari cara untuk mengatasi masalahnya. Hal-hal diatas hanya sebagian cara yang bisa ditempuh untuk memotivasi anak memasuki sekolah baru.

[Lintain Mustika]