Play Streaming Now!!
hot news
download

Jajanan Anak Sekolah Yang Masih Eksis

Posted : Senin, 17 Juli 2017 14:45 /     /   no komentar

SoloposFM- Sekolah merupakan pusat kumpulnya anak-anak untuk menuntut ilmu, namun di balik itu semua terdapat peluang bisnis yang dapat dijalankan sebagai bisnis sampingan. Apalagi anak-anak suka sekali dengan jajan, maka dapat dipastikan jajanan yang Anda jual akan laris. Banyak sekali jenis jajanan anak sekolah yang dijual para pedagang, bagi mereka rasa, harga, dan bentuk menjadi pertimbangan.  Anak-anak sekolah sangat suka dengan jajanan yang unik maka tidak heran jika ada pedagang yang jualannya laris karena jajanan yang dijual memiliki bentuk yang unik dan rasa yang enak. Rata-rata harga jual jajanan di sekolah antara Rp500 – Rp1000 per biji.

Berikut macam-macam jajanan sekolah yang masih laris dari dulu sampai saat ini. Seperti yang dikutip dari berbagai sumber (17/7/2017).

lidi-1

Mie lidi

Masih ingat jajanan mie lidi atau sering disebut lidi-lidian. Jajanan ini masih tetap eksis sampai sekarang. Mie lidi berbeda dengan mie pada umumnya. Ia memiliki tekstur yang tipis dan keras seperti halnya lidi. Rasanya cukup pedas karena taburan serbuk cabai dan lada. Mie lidi sangat disukai anak-anak terutama anak-anak sekolah. Biasanya mie lidi dijual untuk jajanan anak SD bahkan anak-anak mahasiswa.

Cilok-Bumbu-Kacang

Cilok

Cilok ini juga menjadi favorit jajanan anak sekolah terutama jananan anak SD. Saat tiba waktu istirahat mereka menyerbu abang-abang penjual cilok, cilok berbeda dengan bakso atau pentol. Cilok terbuat dari aci yang dibuat bulat menyerupai bakso, disantap dengan bumbu saus pedas dan juga kecap.

156820

Telur dadar bulat

Telur dadar bulat juga menjadi kegemaran anak-anak sekolah. Jajanan ini menggunakan bahan dasar telur, bisa telur ayam atau telur puyuh. Biasanya ditambah dengan sedikit tepung terigu dan beberapa sayuran seperti kol, wortel dan daun bawang. Dimasak menggunakan tunggu dengan cetakan bulat kecil. Setelah matang martabak telur bulat ini disantap dengan saus pedas dan kecap.

feature-jajananSD

Permen gulali

Permen gulali merupakan jajanan anak sekolah yang sangat unik. Permen ini dibuat langsung oleh penjualnya dengan berbagai bentuk kreasi. Bisa berbentuk hewan, buah-buahan bahkan tokoh satria baja hitam. Rasa dari permen gulali sangatlah manis. Permen ini dibuat dengan kreativitas tinggi, jadi bagi kamu yang mau coba usaha ini, butuh inovasi dan jiwa seni yang tinggi.

img_7775

Kue leker

Kue leker merupakan jajanan yang tidak asing lagi bagi anak-anak sekolah. Kue yang dibuat kering dengan taburan meses, susu dan keju di dalamnya membuat cita rasa yang enak dan disukai oleh anak-anak. Ada beberapa varian isi kue leker, seperti ditambah pisang atau stroberi. Ada juga yang menggunakan selai dengan berbagai rasa. Kue ini disajikan dengan bentuk yang unik, yaitu melipat kedua sisinya hingga membentuk segitiga.

B9YYRvUCUAAdgWz.jpg large

Cilung

Cilung adalah singkatan dari aci digulung. Cilung hampir sama dengan cimol dan cireng, hanya saja cara membuatnya yang berbeda. Cilung dibuat dari bahan dasar tepung kanji atau tepung sagu. Adonan kemudian digulung pada tusuk sate hingga membentuk seperti sate, sebelum dimasak lumuri dengan telur dan bisa ditambah dengan taburan tepung roti. Sangat enak disantap selagi hangat dengan saus pedas dan juga kecap.

 

(Erlin Setyawati)