Play Streaming Now!!
hot news

Asupan yang Dianjurkan Jika Ingin Olahraga Saat Puasa

Posted : Minggu, 4 Juni 2017 08:30 /     /   no komentar

SoloposFM–Saat berpuasa, asupan makanan dan minuman akan berkurang dari biasanya. Apa saja yang kira-kira harus dikonsumsi jika ingin olahraga saat berpuasa? Yuk simak saran dari pakar kesehatan dan nutrisi yang dikutip dari Detik.com.

Menurut Seala Septiani, SGz, MGizi, gizi yang seimbang sangat disarankan untuk sahur maupun berbuka. Gizi seimbang sekurangnya meliputi karbohidrat, protein, vitamin, lemak, serta air. Saat hendak berolahraga, tentu butuh sumber energi ekstra, yang antara lain berasal dari karbohidrat.

“Pas sahur sih baiknya makan nasi,” tutur Seala Septiani, SGz, MGizi saat ditemui di Suasana Restauran, Aston Kuningan Suites, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Menurutnya sumber karbohidrat yang baik adalah yang mengandung tinggi serat seperti nasi putih, nasi merah, dan gandum. Di sini gandum memiliki kandungan serat yang paling tinggi, kemudian nasi merah lalu nasi putih.

Seala menyarankan untuk memilih makanan yang mengandung serat tinggi alasannya karena bisa membantu menahan rasa lapar lebih lama.

Selain itu protein juga sangat penting karena olahraga menggunakan otot, dan otot membutuhkan zat besi yang berasal dari protein. Sumber protein ini bisa didapat dari hewan (hewani) atau dari tumbuhan (nabati).

“Sumber protein yang paling tinggi itu ada di susu dan telur. Tapi hati-hati cara masaknya, hindari yang digoreng-goreng, boleh ditumis atau dipanggang, ” ujar Seala kepada detikHealth.

Vitamin bisa didapat dari buah-buahan. Sementara untuk sumber lemak Seala menyarankan agar mencari lemak sehat mengandung omega tiga dari ikan, minyak zaitun, atau buah alpukat.

Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah asupan air. Saela menambahkan sumber air saat puasa bisa didapat dari air putih, buah-buahan, ataupun kuah sop. Kita dianjurkan untuk minum air putih sebanyak dua liter atau delapan gelas per hari.

“Kopi dan teh dikurangi, kenapa? Karena mengandung kafein dan bersifat diuretik (memicu buang air kecil),” pungkas Seala.

Bagi Anda yang ingin tetap berolahraga saat puasa, semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda ya. Selamat menjalankan ibadah puasa.

[Dhi Ajeng Ayu Putri]