Play Streaming Now!!
hot news

5 Tips Liburan ke Merauke

Posted : Kamis, 18 Mei 2017 10:43 /     /   no komentar

SoloposFM–Merauke di Papua merupakan kabupaten yang berada di Timur Indonesia, berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Meski namanya belum seterkenal Wamena, Jayapura atau Biak, Merauke menawarkan destinasi wisata yang sangat menarik. Sayangnya, Merauke masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat Indonesia.

Di Merauke anda bisa mendapatkan pengalaman yang tidak ada duanya. Anda bisa melihat kanguru tanah yang ukurannya lebih kecil daripada kanguru di Australia, namun tampilannya mirip dan punya kantong. Anda juga dapat berdiri di tugu perbatasan dengan masing-masing kaki ada di Indonesia dan Papua Nugini. Kemudian, anda akan melihat rumah semut yang tinggi-tinggi.

Namun sebelum ke Merauke, ada beberapa hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu seperti yang dilansir oleh Detik.com. Berikut ini 5 hal penting sebelum anda mengunjungi Merauke :
1. Penerbangan

Beberapa maskapai yang melayani penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta ke Merauke adalah Batik Air, Lion Air, Sriwijaya dan Garuda Indonesia. Pesawat akan transit terlebih dahulu di Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, sebelum melanjutkan penerbangan ke Merauke. Penerbangan ke Merauke biasanya dijadwalkan pada dini hari dari Jakarta, kemudian sampai di Merauke esok paginya. Harga tiket dalam sekali penerbangan mulai dari Rp 1,8 juta.

2. Transportasi

Di Merauke terdapat angkutan umum yang berwarna kuning dan hijau. Rutenya hanya di sekitaran Kota Merauke saja, yang mana kotanya pun tidak terlalu besar hanya satu garis lurus dengan pertokoan dan hotel-hotel di kiri dan kanan. Alangkah baiknya anda menyewa mobil, agar bisa berpergian ke Taman Nasional Wasur dan Distrik Sota yang merupakan wilayah perbatasan Indonesia dan Papua Nugini. Harga sewanya per hari biasanya dipatok Rp 750 ribu untuk keliling kota dan tambah Rp 200 ribu untuk sampai ke Taman Nasional Wasur dan Distrik Sota.

3. Nyamuk

Karena lahan basah, membuat nyamuk mudah berkembang biak di Merauke. Oleh sebab itu, siapkan lotion penangkal nyamuk apalagi di saat waktu senja karena saat itulah nyamuk-nyamuk keluar dari sarangnya.
Baiknya juga, minum pil kina untuk menangkal nyamuk jenis malaria. Yang pasti, siapkan stamina prima yaitu istirahat cukup dan makan tepat waktu agar kondisi badan tidak mudah sakit.

4. Penginapan

Di kawasan pusat kota Merauke terdapat beberapa hotel. Hotel-hotel tersebut seperti Megaria Hotel, Hotel Itese, Coreinn Merauke, Ermasu dan Swiss-Bellhotel Merauke. Pilih sesuai anggaran yang anda siapkan ya.

5. Komunikasi

Jangan takut mati gaya, saat liburan di Merauke. Sinyal provider di sana cukup kencang, dengan jaringan 4G di wilayah kotanya. Sedangkan jika melipir ke wilayah perbatasan Distrik Sota dan Taman Nasional Wausr, masih terdapat sinyal 3G.

Semoga 5 tips tadi bisa bermanfaat untuk anda semua ya.

[Dhi Ajeng Ayu Putri]