Play Streaming Now!!
hot news

Alami Gejala Ini? Berarti Kamu Berpotensi stroke!

Posted : Jumat, 28 April 2017 16:02 /     /   no komentar

SoloposFM- Menurut dokter, stroke perlu mendapatkan penanganan yang cepat. Sayangnya gejala dari stroke justru sering terabaikan dan dianggap ‘tidak darurat’. Seperti apa gejala yang penting diketahui?
Disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI), Prof Moh. Hasan Machfoed, MD, MSc, PhD, gejala stroke yang sering terjadi di antaranya cara bicara yang menjadi cadel, serta penurunan fungsi gerak tangan dan kaki.
Selain itu, bisa juga terjadi penurunan fungsi gerak pada tangan dan/atau kaki sebelah kanan atau kiri. Kemampuan bicaranya juga bisa menjadi menurun, bahkan bisa sampai tidak mampu bicara yang jelas sama sekali.
Dikutip dari detik.com, gejala lain dari stroke yang perlu diketahui adalah ketika orang tersebut tidak bisa menggerakkan otot-otot di wajahnya, alias terasa kaku. Cobalah minta orang tersebut untuk tersenyum, jika terasa kaku atau bahkan tidak bisa, maka kemungkinan itu merupakan gejala stroke.
Perhatikan juga kemampuan melihat pasien. Seseorang dengan stroke juga bisa saja mengalami penurunan kemampuan melihat, baik pada salah satu mata maupun keduanya. Gejala lainnya, seseorang dengan stroke juga mungkin mengalami sakit kepala.
Jika sudah muncul tanda-tanda seperti yang disebutkan di atas, segera bawa pasien ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih cepat. Keterlambatan penanganan sering menjadi alasan mengapa pasien stroke tak teratasi dengan baik.

[Nabila Ikrima]