Play Streaming Now!!
hot news

Enggan Imunisasi, Hati-Hati Terhadap Penyakit Ini!

Posted : Kamis, 27 April 2017 09:12 /     /   no komentar

SoloposFM- Manfaat imunisasi untuk meminimalkan risiko beberapa penyakit pada anak tak main-main. Pemberian imunisasi pun menjadi hal yang sangat dianjurkan pada anak. Berikut beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi dirangkum dari berbagai sumber.

Pertusis

Pada anak yang terkena pertusis atau batuk rejan, ia akan selalu batuk tanpa henti. Kondisi ini terjadi akibat saluran napas menyempit karena terkena bakteri pertusis.

Polio

Anak yang terkena polio bisa menjadi lumpuh, kehidupannya terasa berat. Maka dari itu, pemberian imunisasi polio pun menjadi sangat penting untuk anak. dr Piprim menganjurkan orang tua tak melewatkan jadwalnya.

Difteri

Difteri merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan akut yang lama-kelamaan bisa menutup saluran napas anak. Jika sudah fatal, difteri bahkan juga bisa menyerang organ lain seperti jantung. Dikira membaik, serangan ini justru muncul sekitar dua atau tiga pekan kemudian setelah penyakit tampak membaik.

Meningitis Hib

Penyakit ini merupakan penyakit yang ganas, dapat merusak selaput otak. Untuk memeriksanya pun harus dilakukan dengan cara mengambil cairan dari sumsum tulang belakang. Meningitis Hib dapat menimbulkan cacat permanen. Anak awalnya aktif, bisa jalan, tapi kemudian tiba-tiba tidak bisa melakukan apapun.

Rubella

Jika tak diimunisasi rubella dan tertular saat hamil, maka janin bisa ikut terkena dampaknya. 80 persen janin yang ibunya tertular rubella berisiko mengalami katarak. Penularan rubella kongenital juga berisiko membuat janin mengalami tuli saraf, otak menjadi kecil serta jantung bocor.

Setelah mengetahui pentakit-penyakit di atas, masih enggan imunisasi? Tunggu apa lagi, ayo imuniasi. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

 

[Nabila Ikrima]