Play Streaming Now!!
hot news
MSG Tingkatkan Resiko Kanker, Hoaks!

MSG Tingkatkan Resiko Kanker, Hoaks!

Posted : Senin, 10 April 2017 10:35 /     /   no komentar

SoloposFM- Untuk membuat masakan kita lebih lezat, sering kali kita menambahkan Monosodium Glutamat (MSG) dalam masakan tersebut. Banyak isu yang beredar mengenai bahaya mengkonsumsi MSG, termasuk isu hubungan MSG dengan pemicu sel kanker.

Menanggapi hal itu, dr Fiastuti Witjaksono SpGK dari RSPAD Gatot Subroto menyanggah akan adanya pernyataan tersebut. Penggunaan MSG yang sesuai pada makanan tidak menyebabkan berkembangnya sel kanker pada tubuh. Sebab berkembangnya sel kanker hanya bisa terjadi saat MSG digunakan secara berlebihan.

“Secara ilmiah sih bisa menyebabkan kanker tapi itu dengan jumlah yang banyak dan itu tidak akan sampai dikonsumsi manusia kok,” ucap dr Fias dalam perayaan Hari Ulang Tahun Cancer Information and Support Center (CISC) ke 14 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Sabtu (8/4/2017) seperti dikutip dari detik.com.

Namun, menurut dr Fias yang harus juga diperhatikan adalah kandungan dari MSG yaitu natrium atau sodium. Di mana kandungan tersebut jika digunakan terus menerus bisa berisiko pada kesehatan lainnya seperti menyebabkan hipertensi.

 

[Nabila Ikrima]