Play Streaming Now!!
hot news
skip-challenge2_20170310_173700

DINAMIKA 103 : Bahaya Skip Challenge

Posted : Senin, 13 Maret 2017 12:16 /     /   no komentar

SoloposFM – Skip challenge di mana seseorang sengaja dibuat berhenti bernapas sejanak mulai marak dilakukan, terutama oleh para pelajar. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy pun melarang para siswa untuk melakukan tantangan semacam itu.

Mendikbud juga mengimbau para guru dan kepala sekolah memberikan perhatian khusus terhadap aktivitas siswa di lingkungan sekolah.

Mendikbud menambahkan perlu dipahami bagi para siswa bahwa permainan tersebut sangat membahayakan jiwa, baik jangka pendek ataupun jangka panjang.

Seperti diketahui, saat ini sedang viral video yang mempertunjukkan siswa melakukan tantangan skip challenge atau pass out challenge. Tantangan ini dilakukan dengan cara menekan dada sekeras-kerasnya selama beberapa waktu sehingga menyebabkan pelakunya kejang dan pingsan. Banyak siswa menganggap bahwa aktivitas tersebut merupakan pengalaman yang menegangkan dan menyenangkan.

Tetapi, tanpa disadari oleh para siswa, mereka pingsan karena asupan oksigen ke otak terhenti beberapa saat. Hal itu dapat menyebabkan kerusakan sel-sel otak dan berakibat fatal seperti terjadinya kerusakan otak atau kelumpuhan organ-organ vital lainnya.

Menanggapi hal tersebut Hadiwibo, salah seorang warga Solo mengirimkan pendapatnya melalui pesan singkat kepada SoloposFM “Pada waktu istirahat di sekolah, yang mengawasi siswa itu ketua kelas dan wakil ketua kelas.”

“Orang tua dan guru harus selalu mengawasi anak-anak, karena jaman sekarang mereka sangat mudah dipengaruhi hal-hal negatif. Apalagi di usia-usia anak dan remaja, rasa ingin tahu dan coba-coba masih sangat besar. Oleh karena itu, peran orang tua dan guru menjadi yang utama bagi mereka.” tutur salah seorang warga bernama Dian, melalui pesan singkatnya.

Tema diatas telah diudarakan dalam Dinamika 103 edisi Senin (13/03/2017) . Berbagai tema terhangat disajikan dan dibahas dalam Dinamika 103 yang tayang setiap Senin-Sabtu pukul 08.00-09.00 WIB di Solopos FM. Masyarakat dapat berpartisipasi melalui SMS/WA 081226103103 atau telpon 0271-739367/739389.

[Nicken Kharisma]