Play Streaming Now!!
hot news

INFO SEHAT : Berjemur Sinar Matahari Sebaiknya Kapan ?

Posted : Senin, 20 Februari 2017 16:16 /     /   no komentar

SoloposFM–Banyak orang percaya bahwa berjemur di pagi hari memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Asupan vitamin D akan kita peroleh bila kita terpapar hangatnya sinar matahari pagi. Namun menurut pakar kesehatan, waktu berjemur sinar matahari yang ideal ternyata bukanlah di pagi hari.

Banyak dari kita yang beranggapan jika berjemur matahari yang baik adalah dibawah jam 8 pagi, ternyata hal tersebut salah. Menurut Hardiansyah seorang Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia di Institut Pertanian Bogor, waktu terbaik untuk berjemur adalah setelah jam 9 pagi hingga 1 siang.

Melansir doktersehat.com, Hardiansyah juga menambahkan bahwa sebaiknya berjemur dilakukan selama 20 menit saja dan dilakukan tiga hingga empat kali dalam sepekan.

Mengenai manfaat yang diperoleh dari asupan vitamin D yang berasal dari sinar matahari, Hardinsyah berkata bahwa bagi anak-anak, asupan vitamin D dari sinar matahari bisa membantu pertumbuhan tulangnya tetap sehat dan maksimal. Jika tidak mendapatkan asupan vitamin D tersebut, dikhawatirkan kita bisa mengalami ketidaknormalan pertumbuhan tulang atau beresiko lebih besar untuk terkena osteoporosis dan riketsia.

Tak hanya berjemur di bawah sinar matahari, kita juga bisa mendapatkan asupan vitamin D dari makanan layaknya ikan sarden, ikan salmon, dan berbagai macam sayuran. Tak hanya anak-anak, orang dewasa dan para lansia sebaiknya memenuhi kebutuhan asupan vitamin D ini demi kesehatan tubuhnya.

[Nicken Kharisma]