Play Streaming Now!!
hot news

TALKSHOW SOLOPOS FM: “Lama Di Depan Komputer Tak Bikin Mata Minus atau Plus”

Posted : Selasa, 17 Januari 2017 16:40 /     /   no komentar

SoloposFM–Berbagai rumor dalam dunia kesehatan tentunya perlu mendapat kepastian tentang kebenarannya. Salah satunya mitos terkait dengan mata minus dan plus. Rumor menyebutkan bahwa berkerja dengan komputer terlalu lama membuat mata bisa minus atau plus.

Terkait hal ini, dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Solo, dr. Rita Hendrawati Sp.M membantah hal itu. “Berada lama di depan komputer tidak akan membuat mata minus atau plus,” kata Rita dalam perbincangan di Solopos FM, Selasa (17/1/2017). Meskipun demikian Rita berpesan agar mereka yang bekerja dengan durasi lama di depan komputer dapat mengistirahtkan matanya setiap beberapa saat. “Setidaknya setiap dua jam istirahatlan. Pakai jalan-jalan di sekitar kantor,” nasihatnya.

Nah, biar mata terjaga dari radiasi komputer, berikut beberapa tips buat Anda:

1. Memperbanyak Mengonsumsi Buah dan Sayuran
Menjaga kesehatan mata membutuhkan vitamin A yang bisa didapatkan melalui sayur-sayuran serta buah. Bagi Anda yang sering berhadapan di depan layar monitor, alangkah baiknya untuk mengimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat tersebut.

2. Menggunakan Pelindung Layar
Pelindung layar untuk sebuah komputer sangat penting untuk melindungi mata dari pancaran langsung sinar. Untuk itu mempertimbangkan penggunaan pelindung layar merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu Anda juga bisa menggunakan kaca mata pelindung mata saat di depan komputer.

3. Tempatkan Komputer Di Ruangan Cukup akan Cahaya
Ini bertujuan untuk mengurangi efek samping pada kesehatan mata. Secara medis bermain komputer di tempat yang redup dengan kondisi sinar yang dihasilkan layar dapat mempengaruhi kinerja mata.

4. Mengatur Kecerahan pada Layar Monitor
Cerahnya layar monitor dapat mempengaruhi tingkat fleksibilitas pada otot mata. Hindari kondisi layar terlalu cerah dan hindari juga kondisi layar terlalu redup. Anda harus menyeimbangkan kondisi layar pada monitor.

5. Mengistirahatkan Mata Secara Berkala
Menjaga kesehatan mata di depan komputer berikutnya adalah mengistirahatkan mata secara berkala. Secara normal mengedipkan mata sebanyak 18 kali dalam satu menit. Namun dengan menatap layar komputer maka intensitas mengedipkan mata akan berkurang. Oleh sebab itu istirahatkan mata secara berkala atau mengalihkan pandangan untuk menghindari kelelahan mata.

[Dita Primera]

Demikianlah tadi pembahasan mengenai menjaga kesehatan mata di depan komputer yang bisa Anda lakukan. Terlalu lama di depan komputer dan mendengarkan musik terlalu sering memiliki efek samping tersendiri. Adapun cara lainnya seperti melakukan pengecekan kesehatan mata secara berkala, atau juga mengatur jarak pandang pada layar komputer.