Play Streaming Now!!
hot news
cara-menghilangkan-komedo-dan-jerawat-18

TIPS SEHAT: Ini Waktu Yang Tepat Untuk Makan

Posted : Selasa, 10 Januari 2017 08:50 /     /   no komentar

SoloposFM- Memiliki pola makan yang teratur dapat membantu kesehatan tubuh dan menjaga agar tubuh tetap langsing. Setelah bangun tidur hingga sebelum tidur ada waktu yang ideal untuk makan. Baik saat sarapan ataupun saat makan malam tentu jadi waktu yang baik dan cocok untuk mengisi asupan makanan Anda. Memiliki pola makan yang tidak teratur adalah contoh kebiasaan yang kurang bagus untuk kesehatan Anda. Mau tau jadwal yang baik untuk makan dalam 1 hari. Berikut ini panduan waktu yang tepat untuk makan agar perut tak buncit dan tubuh tetap langsing:

1.Sarapan
Sarapan adalah waktu makan pertama yang tak boleh Anda lewatkan. Baiknya, waktu sarapan adalah sebelum jam 9 atau sebelum kita mulai beraktifitas pada pagi hari. Karena setelah tidur semalaman, tubuh Anda mengalami proses pembakaran dan memerlukan energi kembali di pagi hari sebelum melakukan aktifitas.

Namun jika Anda bangun siang, usahakan makan sebelum jam 10. Tapi jika sudah lebih dari jam 10, waktunya makan siang. Sehingga dapat mempengaruhi tingkat nafsu makan Anda di siang hari. Ini juga membuat kita kembali lapar di jam 3 sore sehingga menyebabkan berlebihan mengonsumsi camilan. Jadi sarapan sangat penting untuk menjaga kestabilan gula darah serta menahan ngemil makanan berlebihan. Cara menghitung sarapan tepat waktu adalah 30 menit setelah Anda bangun tidur.

2. Makan siang
Untuk makan siang sebaiknya dilakukan antara jam 12.30 hingga jam 14.00. Bahkan jam 13.00 adalah waktu terbaik untuk menikmati makan siang. Dan bisa dihitung 4 jam setelah Anda sarapan pagi. Jika telat maka siang tentu perut Anda terasa lapar dan sulit konsentrasi.

3. Makan malam
Waktu makan malam ideal adalah sekitar jam 06.00 hingga sebelum jam 9 malam. Jika Anda tak mau berat badan bertambah, lakukan makan malam setidaknya 3 jam sebelum tidur. Agar makanan yang kamu konsumsi bisa dicerna dengan baik oleh pencernaan. Sebab, jarak makan yang terlalu dekat hanya akan meningkatkan insulin dan gula darah yang bikin kamu susah tidur.

[Savitri Dyah]