Play Streaming Now!!
hot news

Apa yang harus Dilakukan saat Banjir?

Posted : Selasa, 29 November 2016 08:51 /     /   no komentar

Bencana banjir berulang kali melanda Solo dan sekitarnya, termasuk yang terakhir terjadi pada Selasa (29/11/2016). Kebanyakan daerah yang terendam banjir itu sudah menjadi langganan banjir setiap kali hujan deras. Mengingat saat ini cuaca kian tak menentu, Anda yang tinggal di daerah rawan banjir, tentu tidak ada salahnya melakukan beberapa langkah antisipasi dini. Berikut tips mengantisipasi dampak banjir seperti yang dihimpun Soloposfm.com dari sejumlah sumber:

1. Simpan dokumen dan barang berharga di tempat khusus

Laci atau lemari masih menjadi pilihan gampang banyak orang untuk menyimpan barang dan dokumen berharga. Boleh-boleh saja, asal letak laci atau lemari ada di bagian atas untuk mengurangi risiko terendam. Jika ingin aman lagi, cobalah simpan dokumen dan barang berharga Anda dalam satu koper atau wadah kedap air. Sewaktu-waktu banjir datang, tinggal angkut saja, beres.

2. Pastikan colokan listrik dan barang elektronik aman

Saat banjir datang, segera cabut stop kontak barang-barang elektronik untuk menghindari risiko korsleting. Letakkan barang-barang elektronik di tempat tinggi agar tidak terkena air. Saat membikin colokan listrik baru, upayakan dalam posisi cukup tinggi dan tidak terjangkau air saat banjir datang.

3. Utamakan penyelamatan anggota keluarga yang sakit atau manula

Saat banjir datang, jangan buru-buru menyelamatkan diri sendiri. Pastikan keberadaan semua anggota keluarga Anda. Kalau banjir datang saat anak-anak terlelap, segera bangunkan atau digendong. Segera bawa anggota keluarga ke tempat yang aman, dan utamakan anggota keluarga yang sakit atau manula, serta anak-anak dan perempuan.

4. Bawa barang seperlunya

Saat banjir datang dan harus mengungsi, bawalah barang-barang Anda, hanya yang penting dan pokok, seperti pakaian, alat komunikasi, uang dan sebagainya. Jangan panik, tetap tenang, terus berkomunikasi dan bekerja sama untuk bisa saling menyelamatkan saat kondisi terburuk menghampiri kita. Semoga bermanfaat. (Damar Sri Prakoso)