Play Streaming Now!!
hot news

Mugi Dance Gelar Festival Seni Tradisi Muda Indonesia

Posted : Rabu, 12 Oktober 2016 09:51 /     /   no komentar

SoloposFM–Mugi dance bersama dengan Forum Mahasiswa Daerah se Surakarta akan mengelar event “Festival Seni Tradisi Muda Indonesia (FSTMI) yang akan diselenggarakan besok Sabtu (29/10/2016) pukul 15.00- 23.00 WIB di Studio Mugi Dance, Kartasura, Sukoharjo.

Kegiatan dalam rangka Peringatan Sumpah Pemuda ini, bakal menghadirkan beragam kekayaan budaya dari sekitar 21 daerah di Indonesia. Mereka adalah para mahasiswa daerah yang sedang menempuh studi di kawasan Solo dan sekitarnya.

Acara dengan slogan “Beragam Negeri satu Indonesia” ini mengangkat Tradisi sebagai sentral, sebab generasi muda memegang peran strategis bagi pelestarian seni tradisi (meskipun sudah dikembangkan). “Kami mengajak generasi muda untuk berperan aktif melestarikan seni tradisi dari masing-masing daerah asalnya,” ujar Nuri, pengelola program FSTMI.

Mereka tergaung dalam organisasi daerah (Orda) seperti HIPEJ : Himpunan Pelajar Jambi
KPMDB : Keluarga Pelajar Mahasiswa daerah Brebes
IKMASS: Ikatan Mahasiswa Sumatera Selatan
KPMKB : Keluarga Pelajar Mahasiswa Kalimantan Barat
HIMA Kalteng : Himpunan Mahasiswa kalimantan Tengah
IMASKA: Ikatan Mahasiswa Aceh di Surakarta
Imapas : Ikatan Mahasiswa Pekalongan se Surakarta
KPMKP : Keluarga Pelajar Mahasiswa Kabupaten Paser
IMAGS : Ikatan Mahasiswa Grobogan Surakarta
IMASKABA : Ikatan Mahasiswa Batang
Adapun tarian yang bakal dibawakan diantaranya : Kampas : Tari Puri Sari
Hipej Jambi : Tari Bandan Kreasi
KPMDB Brebes : tari dewi Mangrove sari
Flobamorata : tari gemu Fu Mi Se
Ikmass: tari Bedulur Gale
Hima Kalteng: tari Mandau

Selain menampilkan tarian, juga bakal ada stan (booth) dari masing-masing daerah yang akan menyajikan kekayaan daerah masing-masing baik segi pariwisata, pakaian adat, hingga makanan tradisional.

Pada Sore harinya, akan diadakan fashion show baju adat dari masing-masing daerah, yang bakal diperagakan di arena festival yang hijau asri oleh rerimbunan daun.

Kegiatan ini terbuka untuk umum, dan gratis alias tidak ada tiket masuk. Alamat lengkap STUDIO MUGI DANCE : Krapyak Rt1 RW 7 Desa Pucangan (seberang Kopassus) kartasura, Sukoharjo.
(Abdillah Tsani)