Play Streaming Now!!
hot news

Cara Jitu Atasi Motor Mogok Saat Banjir, Simak Tips Berikut

Posted : Kamis, 6 Oktober 2016 16:34 /     /   no komentar

SoloposFm–Bagi anda para pengguna sepeda motor untuk rutinitas sehari hari, pasti anda pernah melewati keadaan saat hujan deras dan terkadang menyebabkan genangan air bahkan banjir. Sering kali motor anda terendam air banjir tersebut yang menyebabkan motor anda macet di tengah perjalanan.

Bila motor anda terlanjur terendam genangan banjir, jangan langsung menyalakan motor anda yang mogok tersebut, karena air dan kotoran dapat masuk pada mesin anda yang memungkinkan kendaraan anda semakin aus. Untuk menangani hal tersebut, berikut tips untuk merawat motor yang terendam banjir seperti dikutip dari oto.detik.com Kamis (6/10/2016)

1. Bersihkan mesin anda
Hal pertama yang harus anda laukuan bukanlah panik, namun periksalah bagian mesin motor anda
Tindakan yang tepat adalah mesin harus dibuka, mulai dari crankcase, bak kopling, blok silinder dan kepala silinder, hingga karburator (untuk yang bukan injeksi).

Bila sepeda motor menyimpan air dalam mesin atau karburator, tarikan motor menjadi tidak ada tenaganya
dan bahkan bisa mati mendadak.

Setelah membuka mesin, komponen direndam dalam bensin atau cairan penetral guna menghilangkan karat. Jika memang tidak begitu mengerti, Anda bisa meminta bantuan kepada bengkel langganan Anda.

2. Ganti oli motor
Untuk memastikan kinerja mesin motor anda tetap berjalan optimal, perikasalah oli mesdin motor anda.
Jangan lupa untuk menguras oli setelah motor terendam banjir, bersihkan tempat olinya lalu ganti dengan oli baru karena bisa saja endapan kotoran atau air masuk di sela-sela mesin dan tutup oli, sehingga tercampur dengan oli.

3. Bersihkan bagian kelistrikan
Air seringkali merusak sistim kelistrikan pada bagian motor anda.
Untuk sistem kelistrikan, langkah yang harus dilakukan adalah membuka semua komponen kelistrikan sepeda motor, seperti saklar, konektor kabel, spul, motor starter hingga fitting bohlam.

Jika tidak segera dibuka bisa berdampak korosi yang dapat menyebabkan korsleting. Apabila komponen listrik tersebut sudah dibuka, keringkan dengan dijemur atau menggunakan kompresor, jangan lupa semprotkan cairan anti karat.
Terakhir pasang kembali komponen mesin dan listrik, setelah itu lakukan pengetesan.

4. Cek sistem rem
Perikasalah bagian rem motor anda, kadang kala, rem pada motor anda dapat macet karena terselip sampah akibat banker yang menggenangi motor anda

Selanjutnya, mengatasi kemungkinan rem belakang, terutama yang masih menggunakan tromol yang mengunci pasca terendam banjir.
Masalah rem belakang mengunci sendiri setelah melewati genangan air yang cukup dalam sering terjadi. Biasanya penyebabnya akibat permukaan kampas rem yang basah atau lembab.

Kondisi demikian menyebabkan lengket ketika menempel pada permukaan tromol. Untuk mengatasinya, setelah dicuci bisa memainkan rem saat motor berjalan untuk mengeringkan ruangan tromol dan juga permukaan kampas rem.

(Abdillah Tsani)