Play Streaming Now!!
hot news

Inilah Tips Penanganan Pertama Pasca Banjir

Posted : Rabu, 5 Oktober 2016 14:02 /     /   no komentar

SoloposFM–Bagi anda yang memiliki rumah di daerah yang sering terkena banjir, tentu tidak asing dengan dampak yang sering anda rasakan, seperti rumah menjadi berantakan dan kotor. Beragam perabot rumah tak jarang menjadi korban basah, kotor atau justru rusak dan harus dibuang.

Seringkali kerepotan untuk membersihkanya tentu saja menjadi masalah yang memusingkan. Untuk menanganinya simak tips berikut seperti dikutip dari lifestyle.liputan6.com Rabu (5/10/2016).

1.Matikan Aliran Listrik
Biasanya PLN memutus saluran listrik di daerah yang dilanda banjir. Namun, bila aliran listrik di rumah Anda menyala, segeralah matikan, untuk menghindari bahaya korsleting atau tersengat listrik.

2.Pakai Air Bersih
Banjir sudah barang tentu akan mengundang lumpur masuk ke dalam rumah. Sediakan selang panjang dan serokan karet untuk mengusir lumpur dari dalam rumah.

3.Gunakan Sarung Tangan, Alas Kaki, dan Masker
Penyebaran penyakit pernafasan dan pencernaan pasca banjir sangat luar biasa. Agar tidak tertular penyakit-penyakit yang lazim terjangkit setelah bencana banjir, tak ada salahnya jika Anda menggunakan sarung tangan, alas kaki, dan masker saat membersihkan rumah.

4.Semprotkan Disinfektan
Masih terkait dengan penyakit pasca banjir, disinfektan sangat diperlukan saat membersihkan hunian. Semprotkan disinfektan ke dinding, lantai, atau daerah yang sulit terjangkau seperti kolong lemari atau di sela meja.

5.Jemur Barang yang Lembap
Pengeringan menggunakan cahaya matahari adalah yang paling efektif. Selain mengeringkan, juga dapat membunuh kuman dan mengurangi bau tak sedap.

Untuk barang-barang berukuran kecil, seperti pakaian, selimut, atau handuk, bisa dicuci dengan cara biasa atau direndam dahulu menggunakan air panas.

Untuk karpet atau kasur, setelah dibersihkan dan dijemur, perlu disemprot dengan cairan disinfektan untuk membunuh kuman yang bersarang. Setelah itu lakukan penjemuran lagi.

6.Rebus Peralatan Makan
Penyakit pencernaan paling mudah terjangkit pasca banjir. Agar terhindar, rebuslah peralatan makan yang terbuat dari logam selama 5 – 10 menit, atau setidaknya disiram menggunakan air mendidih.

(Abdillah Tsani)